Metode Asyik Belajar Matematika

Tulisan salah satu Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Itenas

Pernah diterbitkan dalam Buletin Itenas No 56 Desember 2012

 

METODE ASYIK BELAJAR MATEMATIKA

          Mendengar kata “MATEMATIKA” pikiran langsung terbayang sesuatu yang memusingkan, membingungkan, membosankan dan menakutkan. Matematika begitu setia hadir menemani dan mewarnai aktifitas sekolah kita dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Maka tak ayal bagi sebagian orang, matematika dapat menjadi sahabat dan sebagian orang lain menganggapnya sebagai musuh yang menakutkan yang selalu menjatuhkan nilai. Tapi dilihat dari segi kuantitas, jumlah orang yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit justru lebih banyak daripada jumlah orang yang senang dan cenderung asyik mempelajari matematika. Lalu,ada apa dengan matematika yang banyak membuat orang pusing dan kesulitan?. Bagaimana sih agar belajar matematika itu asyik dan menyenangkan serta pemahaman ilmunya juga dapat diserap oleh kita?.

            Salah satu Dosen kami di jurusan Teknik Mesin telah menemukan sebuah metode pembelajaran yang diharapkan dapat merangsang dan membuat minat dan semangat belajar mahasiswa menjadi naik. Sebuah metode pembelajaran yang asyik dan menyenangkan yang diperagakan oleh semua mahasiswa sebagai objek yang terlibat aktif bersama dosen dalam mempelajari teori matematika dan dalam berlatih menjawab soal latihan. Awalnya kami menganggap bahwa metode yang akan diperagakan ini akan sama seperti metode pembelajaran lain yang akhirnya membuat mahasiswa tetap kebingungan dalam menghadapi matematika, tapi semua keraguan diantara kami tentang metode ini terjawab tuntas setelah dosen kami mempraktekkannya dalam setiap pertemuan dikelas.

            Semua aspek yang akan mendukung metode pembelajaran asyik ini dipersiapkan dengan baik. Mulai dari suasana kelas yang bersih dan rapih, sarana pendukung seperti speaker untuk memainkan musik, spidol beraneka warna dan banyak benda-benda yang dipergunakan untuk games. Semua ini digunakan untuk membuat mahasiswa dapat memahami materi dengan cara yang dinamis, fresh, dan aktif. Cara dinamis dimaksudkan untuk membuat mahasiswa dapat belajar dengan suasana yang berbeda dan terhindar dari kebosanan, cara fresh dimaksudkan untuk membuat mahasiswa dapat belajar dengan metode baru dan dapat langsung diterima dan disimpan oleh otak mahasiswa, lalu cara aktif dapat membuat mahasiswa bergerak, berani mencoba, berani bertanya, dan berbagi ilmu kepada mahasiswa lain.

            Awal pertemuan dikelas ketika dosen kami menjelaskan kontrak kuliah, kami mendapat sebuah angin yang menyegarkan yang membuat bara api di hati kami menyala-nyala. Dosen kami menayangkan cuplikan video yang menggugah nurani sekaligus menyadarkan semangat mahasiswa supaya belajar keras untuk bisa sukses. Maka kami sebagai mahasiswa dengan penuh percaya diri menuliskan tekad yang kuat untuk belajar dan menuliskan juga target yang akan dicapai. Dengan semangat belajar yang membara dan rasa percaya diri yang kuat untuk dapat sukses, membuat awal penerapan metode pembelajaran ini mendapat apresiasi yang positif dari mahasiswa.

            Setiap awal pertemuan atau pembelajaran dikelas dosen kami mengarahkan mahasiswa untuk membiasakan diri melakukan senam otak. Senam otak ini berupa kombinasi gerakan tangan/organ tubuh lain seperti kaki dan kepala yang digerakan lalu diiringi oleh musik yang membuat kami bergerak dan bergoyang. Manfaatnya adalah kami dilatih untuk bisa menyeimbangkan kerja otak kanan dengan otak kiri. Seperti sebuah pemanasan sebelum olahraga, senam otak juga dilakukan agar semua sel otak dapat bekerja dengan maksimal agar pada saat pembelajaran otak lebih mudah menangkap dan menyimpan materi. Lalu otak juga terangsang untuk terbiasa bekerja cepat merespon semua informasi.

            Setelah melakukan senam otak, kami diajak untuk dapat menebak sebuah gambar yang ditampilkan di screen. Salah seorang mahasiswa ditunjuk untuk menebak gambar yang ditampilkan, biasanya berupa kombinasi beberapa gambar yang membentuk gambar baru atau sebaliknya. Ada juga permainan lain seperti menyebutkan dengan cepat apa warna dari kata yang tampil di screen, banyak mahasiswa yang terkecoh karena tidak teliti dalam membedakan kata tersebut dan warna dari tulisannya. Semua permainan ini membuat mahasiswa menjadi terlibat aktif sehingga mahasiswa menjadi asyik dan enjoy dalam pembelajaran ini.

            Setelah senam otak plus permainan tambahan, mahasiswa sudah siap dengan materi yang akan diberikan dosen. Dosen kami menjadi fasilitator, dengan metode ini mahasiswa menjadi subjek sekaligus objek yang terlibat aktif didalamnya. Lalu dosen kami-pun memberikan materi kepada mahasiswa seperti yang dilakukan dosen lain, namun ada yang sedikit berbeda yaitu ketika dosen kami telah menjelaskan apa saja yang ditulis di papan tulis dengan sistematis, lalu dosen kami menghapus tulisannya dan menyuruh mahasiswa menyalin catatan di papan tulis dengan mengandalkan daya ingat mereka. Point plusnya adalah mahasiswa dibiasakan untuk menyerap informasi dengan cepat dari menyimak dan mampu mengaplikasikan langsung pada catatan atau mengingatnya. Ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengoptimalkan kinerja mata, telinga dan otaknya. Dengan cara seperti ini kegiatan belajar akan semakin efektif.

            Ketika diberi soal latihan untuk dikerjakan semua mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengerjakannya di depan. Baik yang sudah mengerti atau belum mengerti akan dapat kesempatan. Dan siapa saja yang maju kedepan akan mendapat nilai bonus. Salah satu caranya mahasiswa diminta untuk berdiri lalu digulirkan satu bola di antara mereka, setiap mahasiswa harus menerima dan memberikanya ke mahasiswa lain seperti estafet bola. Dalam proses mengestafetkan bola, dimainkan sebuah lagu untuk membuat kami lebih bersemangat dan bergerak. Lalu, ketika musik di berhentikan dengan otomatis estafet bola dihentikan juga, yang beruntung untuk maju ke depan adalah orang yang memegang bola pada saat bola berhenti. Ini begitu mengasyikan karena setiap orang dapat mencoba mengerjakan soal latihan baik yang sudah bisa maupun yang belum bisa. Jadi setiap orang akan mendapat kesempatan mendapatkan bonus dan tidak berputar hanya pada mahasiswa yang sudah mengerti.

            Alhamdulillah metode ini berjalan dengan lancar dan hasilnya-pun mulai terlihat dari jumlah mahasiswa yang mengalami kemajuan dari segi pemahaman dan hasil nilai tugas dan quis. Semakin hari kami mengalami peningkatan hasil belajar dan juga semangat dalam mempelajari matematika. Sebuah pembuktian yang membanggakan dari metode ini adalah hasil UTS para mahasiswa yang baik. Menurut dosen kami, jika dirata-ratakan hasil UTS Matematika tahun ini jauh lebih tinggi dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Ini membuktikan bahwa metode belajar asyik dapat merangsang minat dan semangat belajar mahasiswa untuk lebih maju dan sukses. Semua kesulitan yang sering dihadapi dalam mempelajari matematika kini mulai menunjukan titik terang. Habis gelap terbitlah terang menjadi ungkapan yang tepat bagi kami. Semoga metode pembelajaran ini dapat menjadi inspirasi bagi siapa saja yang ingin memperbaiki minat belajar dan meningkatkan hasil belajar.

(Redi Restu Fadilah/12-2011-109)