Sekilas Bentley MxRoad

 

Bentley MX merupakan pengembangan baru dari MOSS yang berjalan di Windows, Autocad dan Microstation. Dalam pengembangannya, pengguna sekarang dapat menggunakan fasilitas yang sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan desain untuk semua jenis pekerjaan rekayasa sipil, seperti desain jalan raya, jalan rel, airport maupun dam.

Bentley MXRoad merupakan salah satu aplikasi yang tersedia dalam MX. Merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk mendesain jalan, dari jalan sederhana dengan satu lajur, sampai interchange yang kompleks. MXRoad menyediakan semua kebutuhan pengguna, mulai dari desain awal, pelebaran jalan, superelevasi, persimpangan dan lapis perkerasan.

Kelebihan Bentley MXRoad jika dibandingkan dengan software perancangan geometri jalan lainnya adalah:

  • Pengguna Bentley MXRoad tidak perlu mahir dalam penggunaan software penggambaran
  • Bentley MXRoad mampu memeriksa kesesuaian radius lengkung yang digunakan pada alinyemen horisontal sesuai syarat superelevasi tertentu.
  • Bentley MXRoad terintegrasi dengan software penggambaran AutoCad Versi 2004 untuk pengolahan dan finalisasi produk gambar teknis jalan.

Saat ini Jurusan Teknik Sipil Itenas telah memiliki software ini dan telah disesuaikan untuk penggunaan perancangan jalan di Indonesia (mengikuti persyaratan perancangan geometri jalan di Indoensia). Software ini telah diberdayakan untuk beberapa project perencanaan jalan, seperti Perencanaan Jalan Tambang di Halmahera-Sulawesi-Kalimantan (milik PT Aneka Tambang tbk), Perencanaan Jalan Tol Nusa Dua-Tanjung Benoa Bali dan lainnya.