Penerimaan Mahasiswa Baru Itenas 2017

Crated by Administrator at 23 September 2017 01:36:42

Dalam rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru angkatan 2017, Institut Teknologi Nasional (Itenas) mengadakan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2017/2018 sebagai acara puncak pada Sabtu, 26 Agustus 2017 di Balai Dayang Sumbi. Dalam acara tersebut dilaksanakannya penyambutan dan pelantikan Mahasiswa Angkatan 2017 secara simbolis dengan penyematan jas almamater dan janji mahasiswa.
 
 
Pada upacara PMB kali ini terdapat hal istimewa dengan mengundang Perwakilan Menteri Pertahanan Rektor Universitas Pertahanan Republik Indonesia LETNAN JENDERAL TNI (1) I WAYAN MIDHIO, M.Phil dan Staf Ahli Menteri Pertahanan Bidang Ekonomi PROFESOR DR. BONDAN TIARA SOFYAN, M.Si untuk menyampaikan kuliah tamu bertemakan konsep bela negara yang dapat diterapkan oleh mahasiswa.

Dengan usainya rangkaian proses seleksi dan penerimaan mahasiswa baru Itenas angkatan 2017 untuk kemudian Digali Potensinya, Dibangun dan Dibina Prestasinya dengan harapan besar dalam waktu empat tahun kemudian berkumpul kembali untuk dilantik menjadi sarjana atau Young Engineer dan Designer. Seperti yang disampaikan oleh Rektor dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.
 
 
 
Perwakilan Menteri Pertahanan Rektor Universitas Pertahanan Republik Indonesia LETNAN JENDERAL TNI (1) I WAYAN MIDHIO, M.Phil menyampaikan kuliah tamu dengan tema “Penguatan dan Pemahaman Pancasila sebagai salah satu mengurangi ancaman Kapitalisme, Sosialisme, Komunisme dan Radikalisme”. Pada kesempatan tersebut, Bapak LETNAN JENDERAL TNI (1) I WAYAN MIDHIO, M.Phil berpesan dan berharap kepada para mahasiswa, ”Jadilah generasi masa depan yang maju dan unggul, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta teruslah berkarya. Selain itu juga harus memiliki kekuatan Integritas kepribadian yang Pancasilais, mental yang kokoh, ulet, tegar, dan pantang menyerah, untuk berjuang demi kemajuan bangsa dan Negara yang sangat kita cintai bersama. Dimanapun kalian berada untuk menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa, pertahankanlah kedekatan, persaudaraan dan kekompakan ketika kalian semua melangkah ke depan, menapaki perjalanan karier menuju masa depan yang lebih baik. “

Pada sesi kedua PROFESOR DR. BONDAN TIARA SOFYAN, M.Si menyampaikan materi kuliah bertemakan “Pemenuhan kebutuhan alutsista dengan memberdayakan industri pertahanan dalam negeri”. Indonesia telah memiliki alutsista produk sendiri seperti Panser ANOA – Pindad, SS1-M12 – Pindad, LPD-KRI Banda Aceh 593 – PT. PAL, CN235-220-MPA – PT. DI dan masih banyak lagi produk lainnya. Begitu pula dengan non-alutsista produk Indonesia seperti Munisi – PT. Pindad, Bomb P100-L – PT. Sari Bahari, PDL, Ransel – Sritex dan produk-produk lainnya. Produk-produk dari PT. DI juga telah digunakan oleh negara-negara lain seperti Venezuela, Senegal, Burkina Faso, Guinea Conakry, UAE, Turkey, Thailand, Pakistan, Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam, South Korea dan Philipines. Sehingga kita perlu bangga dengan kemampuan bangsa Indonesia yang telah menghasilkan karya-karya terbaiknya. Namun begitu, kita tetap perlu meningkatkan kemajuan penguasaan teknologi melalui strategi-strategi yang disusun oleh Kementrian Pertahanan seperti menjalankan 7 program prioritas hankam untuk diakuisisi teknologi dan know-how nya, mewajibkan Off-Set, ToT dan Kandungan Lokal untuk setiap pembelian alutsista dari luar negeri, program Bangtekindhan untuk produk di luar prioritas : bersama indhan dalam negeri membuat First Article dari produk baru selesai kebutuhan user dan membeli produk dalam negeri yang sudah tersedia, dan Litbanghan untuk menghasilkan prototype produk baru. Dalam merealisasikan program-program tersebut indhan memerlukan Sumber Daya Manusia yang handal dalam hal skill, knowledge dan attitude. Karakteristik Sumber Daya Manusia yang diperlukan seperti menguasai teknologi, menguasai software, memiliki kemampuan bahasa Inggris, menguasai ilmu dan IT, berkemampuan rancang bangun, memiliki jiwa bela negara, kerja keras, ulet, pantang menyerah belajar sepanjang hayat. Sehingga sebagai generasi muda mahasiswa Itenas diharapkan memenuhi karakteristik tersebut sebagai kader bela negara sesungguhnya yang mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan segenap hati dan jiwa raganya.
 
 
  
 
Sesi selanjutnya Bapak Dr. Imam Aschuri, Ir,. MT beserta jajarannya menyampaikan kepada para orang tua mahasiswa angkatan 2017 mengenai sistem pengajaran di Itenas Bandung, bagaimana pihak institusi berupaya semaksimal mungkin dalam membimbing para putra-putri dari para orang tua tsb, beasiswa yang tersedia Itenas dan prestasi-prestasi yang telah diraih mahasiswa Itenas sejauh ini sebagai hasil binaan civitas akademika Itenas. Para orang tua juga mendapat penjelasan lebih jauh mengenai jurusan putra-putrinya, bidang yang dipelajari dan peluang pekerjaan ke depannya. (Geugeu, TL 2014)

 


even calendar

September 2017
SunMonTueWedThuFriSat
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30