Sambutan Rektor pada Wisuda Februari 2013

SAMBUTAN REKTOR PADA WISUDA SARJANA ITENAS PERIODE FEBRUARI 2013

 
Hadirin yang berbahagia,
 
Pada hari ini, sabtu 16 februari 2013, perkenalkan saya secara pribadi maupun mewakili institute dan seluruh civitas akademik Itenas, dengan penuh kebanggaan, kembali mempersembahkan lulusannya sebagai sumber daya manusia yang kompeten dan siap untuk memasuki dunia kerja serta berkipra dalam kegiatan pembangunan nusa dan bangsa dalam arti yang luas. Pada wisuda sarjana kali ini, akan di wisuda 232 orang sarjana dari 13 program studi yang terdapat di Itenas. Dari 232 orang sarjana yang akan diwisuda pada hari ini, 16 orang berhasil lulus dengan predikat cum laude (dengan pujian). Indeks prestasi tertinggi sebesar 3,96 diraih oleh wisudawan sdr Aldila Heryanda Priyono NIM 25-2009-010 dengan waktu 3.5 tahun dari program studi teknik lingkungan sdr Aldila Heryanda Priyono ini berasal dari SMAN 1 Purwakarta.

Selain itu pula dari 232 orang yang akan diwisuda pada hari ini, terdapat wisudawan yang telah mengukir prestasi pada lomba-lomba di tingkat nasional selama wisudawan/wisudawati menempuh pendidikan di Itenas, yaitu sebagai berikut :
   
Sdr Andi Efendi dari Program Studi Teknik Sipil berhasil menjadi Juara 3 (Tiga) Lomba pada Civil Competition - HMSITB Tingkat Nasional tahun 2010.
Sdri Novitka Hesti Normalita dari Program Studi Teknik Kimia berhasil meraih Juara pada kejuaraan Karate IV UNY Jawa Bali, kelas Kumite 61 kg putri senior tahun 2010.
Sdri Arina Pramudita dari Program Studi Teknik Elektro sebagai peserta The Singer Chamber Choir dan berhasil meraih Juara 3 (Tiga) pada acara 50th International Choral Competition Italia tahun 2011.
Sdr Oswald P.M.Siahaan dari Program Studi Teknik Srsitektur berhasil Juara 1 (Satu) pada sayembara Arsitektur ”Green Folded House” tingkat Nasional tahun 2011.
Sdr Agus Hidayat dari Program Studi Teknik Mesin berhasil menjadi Juara 3 (Tiga) pada Rotax Max Challenge Indonesia 2012 seri 3 Sirkuit Kanjeran tingkat Nasional.
Sdr Egha Sulistriewan dari Program Studi Teknik Mesin berhasil meraih dua kejuaraan sekaligus, yaitu Juara 3 (Tiga) pada kejuaraan daerah Kei Shin Kan karate Do se Jawa Barat dan kejuaraan Daerah Senior dan Junior ( karate Twenty Cup 2012), Kumite perorangan Kelas 67 kg Senior Putra, Jawa Barat tahun 2012.
 
Untuk itu perkenankan kami mengucapkan selamat, rasa bahagia dan bangga kepada wisudawan yang mempunyai prestasi akademik maupun non akademik yang telah mengharumkan nama Itenas, Ibu/Bapak, keluarga serta para pimpinan sekolah lanjutan atas yang telah membina mereka sebelumnya.
 
Hadirin yang berbahagia,
 
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami sampaikan pula bahwa visi Itenas 2011-2015 yang hendak kita wujudkan bersama adalah Itenas menjadi institusi pendidikan tinggi yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni untuk pembangunan nasional. Sedangkan slogan atau tema yang kita usung bersama sesuai dengan Renstra Itenas 2011-2015 adalah “Itenas Unggul Dan Mandiri” dengan tetap mengacu pada visi, maka ada empat hal penting yang harus menjadi concert, perhatian dan focus Itenas baik dalam penyelenggaraan program akademik dan manajemen institut. Empat hal tersebut adalah unggul dalam pelayanan (pelayanan prima), pengembangan kegiatan tridharma perguruan tinggi, pencitraan dan transformasi otonomi institusi.
 
Dalam hal unggul dalam pelayanan atau pelayanan prima, Itenas telah mempunyai ketetapan hati untuk mewujudkan pelayana prima diseluruh unit. Sejalan dengan tuntutan tersebut, Itenas pada tahun ini telah menginplentasikan Rencana Kegiatan Anggaran Tahunan (RKAT) yang berbasis kinerja dan ada mekanisme baru yang sedang kita kembangkan, yakni pelaksanaan tugas berbasis kinerja yang bearti kedepan ada program kerja yang menjadi pegangan dan lengkap dengan indikator pencapain kerja.
Berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi yang komprehensif, yaitu versi QS World University Ranking tahun 2010, Itenas mendapat penilaian yang cukup baik dalam pengajaran, hal ini ditunjukkan dengan tingkat kepuasan mahasiswa yang baik dalam proses pembelajaran di Itenas walaupun harus kita tingkatkan secara terus menerus untuk menjadi unggul dalam pengajaran. Sedangkan untuk dua dharma lainnya yaitu riset dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Itenas terus berupaya mendorong seluruh staf pengajar untuk menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas melalui kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat.
 
Komitmen ini diwujudkan dalam bentuk peningkatan besarnya alokasi dana kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2013 ini hampir 300% dibandingkan alokasi dana penelitian pada tahun 2012, dan program insentif.
Disamping dua program tersebut, Alhamdulilih Itenas melalui LPPM telah menyelesaikan penyusunan Rencana Induk Penelitian sebagai arah dan pengembangan kegiatan penelitian dengan labolatorium/studio yang sudah dimiliki oleh Itenas. Untuk mendukung program tersebut, Itenas tengah berupaya melakukan peningkatan kompetensi SDM dengan mendorong dan memfasilitasi dosen-dosen untuk melanjutkan studi ke jenjeng S3 baik dalam negeri dan luar negeri, sebagai informasi insya Allah Itenas pada tahun 2015nanti, Itenas akan mempunyai kurang lebih 50 dosen yang bergelar dokter.
 
Berkenaan dengan pencitraan, Itenas terus berupaya untuk meningkatkan pecintaan Itenas melalui hasil karya–karya seluruh civitas akedemik Itenas, seperti diseminasi hasil-hasil riset berupa jurnal ilmiah tingkat Nasional dan Internasional, penerbitan buku, lomba-lomba/kompetensi, serta publikasi kegiatan mahasiswa yang sinergis dengan visi Itenas. Disamping itu Itenas juga telah mengajukan pembukaan program pascasarjana S2 untuk program studi Teknik Industri, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil ke Direktorat Jendreal Pendidikan Tinggi sejak tahun 2012, Insyallah kalau proses pengajuan program pascasarjana S2 tersebut dapat berjalan lancar, maka pada tahun 2013 dan paling lambat tahun 2014, Itenas sudah mempunyai program pascasarjana S2 untuk tiga program studi tersebut di atas.
Itenas juga telah dan terus melakukan perbaikan berkesinambungan (continous improvement), baik dalam pengelolaan program maupun sumberdaya serta terus mengawal perubahan serta menggulirkan transformasi Itenas menjadi perguruan tinggi yang otonom/mandiri, akuntabel dan transparan. Itenas berupaya keras untuk mengembangkan pengelolaan karya intelektual dari hasil-hasil riset dan pengembangan teknologi serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat, selai bekerja sama dengan pemerintah dan swasta tentunya. Pengembangan tata kelola karya intelektual tersebut perlu penyelarasan riset dilaboraturium dengan dunia bisnis. Upaya-upaya Tersebut, kita kembangkan secara berkesinambungan dengan harapan dapat mewujudkan Itenas Unggul dan Mandiri.
 

 


Kalender Even

September 2014
SunMonTueWedThuFriSat
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30