Beasiswa Darmasiswa

Di Tulis Oleh Administrator

Beasiswa Darmasiswa adalah sebuah program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia dan diatur oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerjasama dengan Kementrian Luar Negeri. Beasiswa ini diperuntukan untuk mahasiswa asing yang berasal dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomasi dengan Indonesia.

Selain untuk mempererat hubungan budaya dan toleransi antara Indonesia dan negara-negara yang terkait, program beasiswa ini bertujuan untuk memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia pada generasi muda dari seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, penerima beasiswa Darmasiswa akan ditempatkan di salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang telah ditunjuk oleh Kemdikbud untuk mempelajari bahasa Indonesia dan/atau budaya Indonesia seperti tari-tarian, musik, dan karya seni lainnya.

Ada dua jenis skema beasiswa Darmasiswa :
1.  Program regular
Program regular ini diperuntukan bagi siswa yang berasal dari negara-negara yang memilki hubungan diplomasi dengan Indonesia untuk mempelajari bahasa dan seni Indonesia (termasuk musik tradisional, tarian tradisional, dan kerajinan Indonesia). Program ini berlangsung selama satu tahun, dimulai di minggu pertama bulan September dan berakhir di akhir bulan Juli tahun selanjutnya.
2.  Program Short Course
Program ini diperuntukan bagi siswa yang berasal dari negara-negara yang memilki hubungan diplomasi dengan Indonesia untuk mempelajari bahasa Indonesia disalah satu perguruan tinggi di Indonesia. Berbeda dengan program regular, program ini berlangsung selama enam bulan yang dimulai pada minggu pertama bulan September dan berakhir pada akhir bulan Januari tahun berikutnya.

Penerima beasiswa Darmasiswa di Itenas akan difokuskan untuk mempelajari bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA), namun pada saat bersamaan akan dilibatkan pada acara-acara kebudayaan Sunda yang diselenggarakan oleh pusat kegiatan mahasiswa Itenas, terutama LISENDA (Lingkung Seni Sunda).

Selain ilmu kebahasaan dan budaya, penerima beasiswa Darmasiswa juga akan mendapatkan uang bulanan yang mencakup biaya hidup, buku, biaya transportasi lokal, kesehatan dan uang saku. Uang bulanan ini didanai oleh BPKLN (Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri).

Untuk mengetahui mengenai beasiswa Darmasiswa lebih lanjut, silakan lihat laman resmi Darmasiswa : http://darmasiswa.kemdikbud.go.id

 


Kalender Even

Agustus 2017
SunMonTueWedThuFriSat
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31