Menggali Potensi Membina Prestasi
Shadow
Slider

Home »  berita »  V8 Vadi : Karya Kolaborasi Inovasi Electric Sportscar dari Kampus Itenas.

V8 Vadi : Karya Kolaborasi Inovasi Electric Sportscar dari Kampus Itenas.

On November 26, 2018, Posted by , In berita, By ,, , With Comments Off on V8 Vadi : Karya Kolaborasi Inovasi Electric Sportscar dari Kampus Itenas.

Pada Mei hingga Agustus 2018 Itenas telah menyelesaikan karya mobil listrik keduanya yaitu; tantangan membuat sebuah electric sportscar hanya dengan waktu pengerjaan 101 hari. Hal ini tidak mungkin terealisasi tanpa kepercayaan besar dari Harry Kiss, seorang pengusaha yang bertindak sebagai investor dan promotor proyek ini. Karya mobil listrik kedua ini dapat terlaksana berkat kerjasama baik antara pengusaha dengan institusi pendidikan swasta yang masih terbilang jarang. Mobil ini didesain dan dibangun dari konsep ide hingga wujud purwarupa jadi oleh dosen-dosen dari berbagai jurusan di Itenas. Pengerjaan selama tiga bulan ini didukung oleh rekan-rekan ahli, mahasiswa, dan juga alumni Itenas yang sama-sama memiliki passion pada perkembangan teknologi dan desain mobil listrik.

Mobil ini secara resmi baru diluncurkan pada bulan Oktober, diserahkan dalam acara bersama rekan kerjasama yaitu V8 Soundsystem.Publikasi luas untuk mobil listrik V8 Vadi ini kemudian direncanakan dengan memanfaatkan momen Indo Defence 2018 pada bulan November 2018. Acara ini menjadi ajang yang sesuai untuk bertemu khalayak yang tepat untuk memperkenalkan sebuah karya inovasi mobil listrik seperti V8 Vadi. Mobil listrik karya kampus Itenas ini kemudian hadir di booth JForce yang juga masih berafiliasi dengan V8 Sound, dimana booth kampus Itenas sendiri berada di area indoor Hall-C. Tak hanya sebagai mobil pajangan, di acara ini V8 Vadi juga dapat dicoba berkeliling outdoor area JIExpo Kemayoran sehingga beberapa orang pun berkesempatan untuk mencobanya.

Mobil V8VADI adalah sebuah contoh bagaimana pengusaha dapat menjadi mitra bagi para akademisi, peneliti dan desainer untuk mengimplementasikan ilmu, teknologi dan desain bagi sebuah perubahan. Bersama-sama mengusulkan sebuah pilihan arah industri kendaraan listrik sebagai antisipasi terhadap semakin langkanya bahan bakar, memasyarakatkan gaya hidup kekinian dan keesokharian yang harus terus dilakukan. Bagi para akademisi, hal ini adalah sebuah kepercayaan besar dan kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai bukti sinergi baik antara akademisi dan industri yang dapat dicontoh dan dilakukan oleh yang lainnya sebagai langkah nyata perbaikan energi negeri.

Penamaan kata “VADI”sendiri bermakna suara atau skala notasi yang berkarakter, yang menjadi warna pembeda dalam sebuah ansamble atau orkestra, serta berarti “Dewa” dalam sansekerta. Nama Vadi ini diambil selaras dengan bidang industri musik dan audio engineering yang digeluti oleh bapak Harry Kiss selama puluhan tahun sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility dari Perusahaan V8 Sound dibawah PT. Pasukan Pengibar Suara. V8 VADI secara penamaan adalah gagasan lain dari Electric Vehicle yang tidak lagi berbicara semata tentang listrik, tapi tentang karakter mobil listrik yang sporty dan artistik. Nama Vadi beserta maknanya disusun oleh Brand Communicator Evhero Design Lab yaitu Ibu Wiwi Isnaini, M.Ds., untuk melengkapi desain mobil yang telah dirancang sepenuhnya oleh bapak Amirul Nefo, M.Ds dari Desain Produk. Bagian belakang mobil terinspirasi dari bentuk burung kolibri, dimana desain asli rancangan mobil dapat dilihat di Evhero Design Lab Itenas. Untuk mewujudkan purwarupa ini memang masih diperlukan kombinasi pemasangan elemen-elemen dari bagian mobil lain (remix) seperti pada lampu, karena untuk mewujudkan setiap elemen dalam konsep desain aslinya tentu diperlukan proses fabrikasi yang tak mungkin diwujudkan secara one-off (karya tunggal). (WI/DM)

Mobil ini terwujud berkat kerjasama sponsor dan investor V8 Sound beserta seluruh V8 VADI Evhero Design Laboratory Team yaitu :

PROJECT DIRECTOR
Dr. Tarsisius Kristyadi, M.T. (LPPM – Teknik Mesin)

PROJECT MANAGER
Wiwi Isnaini, M.Ds. (DKV)

ASSISTANT PROJECT MANAGER
Faisal Muhammad Daud, S.T. (Teknik Mesin)

HEAD of DESIGNER
Amirul Nefo, M.Ds. (Desain Produk)

HEAD of MECHANIC
Deni Komaruddin, S.T. (Alumnus Teknik Mesin)

DESIGN & MECHANICAL TEAM
Fred Soritua, M.Ds. (Desain Produk)
Hendra Permana, S.T. (Alumnus Teknik Mesin)
Ibrahim Bekti, S.Ds. (Mahasiswa Desain Produk)
S. Ramadhan (Habib) (Mahasiswa Desain Produk)
Fadli Qodli Zaka (Mahasiswa Teknik Mesin)
Aji Priatna
Alex Sebastian
All mechanic, engineer, and electrical team.

BRAND COMMUNICATION
Wiwi Isnaini, M.Ds. (DKV)

GRAPHIC DESIGNER & PUBLICATION
Della Meiralarasari, M.Ds. (DKV)

VIDEO & MOTION
Bretyapati Sena, S.Ds. (Alumnus DKV)

PHOTOGRAPHER
Bhakti Heridanto, A.Md. (Itenas Library)

X