previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  berita »  Workshop “Utilization of Lidar Technology For Smart City” oleh Teknik Geodesi Itenas

Workshop “Utilization of Lidar Technology For Smart City” oleh Teknik Geodesi Itenas

On January 22, 2019, Posted by , In berita, By ,,,,, , With Comments Off on Workshop “Utilization of Lidar Technology For Smart City” oleh Teknik Geodesi Itenas

Pada hari Kamis, 17 Januari 2019, Jurusan Teknik Geodesi Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) menyelenggarakan workshop yang bertema “Utilization of Lidar Technology For Smart City” bertempat di Lantai 3 Gedung Rektorat Itenas Bandung. Kegiatan ini merupakan realisasi MoU antara Teknik Geodesi Itenas Bandung dengan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Workshop ini dibawakan oleh Hadyatman dan Subagio dari PT Narcon sebagai representatif Gerry Ong (Founder & Managing Director GPS Land Singapore). Hadyatman dan Subagio dari PT Narcon merupakan tim konsorsium dengan Gerry Ong di GPS Land.

Acara dibuka dengan sambutan Ketua Jurusan Teknik Geodesi Itenas Bandung, Dr. Soni Darmawan, ST., MT, dan dilanjutkan ke sesi utama yaitu pemaparan materi oleh Pembicara.

Dalam workshop ini, pemateri memperkenalkan teknologi Lidar (Light Detection and Radar) yang semakin membantu pekerjaan dalam bidang pemetaan. Pemateri menjelaskan Terestial Laser Scanner (TLS) yang digunakan untuk memetakan secara detail dari setiap bangunan, Mobile Laser Scanner (MLS) yang digunakan untuk pemetaan secara dinamis, Airborne Laser Scanner (ALS) yang digunakan untuk pemetaan dari udara, dan Industrial Laser Scanner (ILS) yang digunakan untuk pemetaan di daerah industri. Setiap teknologi tersebut memiliki satu tujuan yaitu mempermudah pekerjaan dalam bidang pemetaan.

Materi tersebut sesuai dengan tujuan kegiatan yaitu mengkritisi dan memberi masukan terhadap kecocokan teknologi di pemetaan untuk smart city. “Tujuan lainnya tentu saja untuk memperkenalkan teknologi geospasial yang berkembang saat ini yang sangat menjanjikan untuk pemetaan dalam skala besar”, ujar Ketua Jurusan Teknik Geodesi Itenas Bandung, Dr. Soni Darmawan, ST., MT.

Sesi paparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dan penyerahan cinderamata kepada para pembicara kemudian dilanjutkan dengan foto bersama. Workshop ditutup dengan pemberian sertifikat kepada para peserta.

“Acara workshop ini memberikan tantangan baru bagi para Surveyor untuk mampu menyediakan informasi spasial secara tepat dan akurat pada berbagai macam jenis area pengukuran” ujar Andi Wiharyanto Wahyudi, peserta workshop yang juga merupakan Alumni dari Jurusan Teknik Geodesi Itenas Bandung.

“Kami sudah punya MoU dengan BIG (Badan Informasi Geospasial), yang akan menjembatani institusi dengan akademisi, pemerintah, dan masyarakat sehingga informasi dapat cepat terinformasikan. Sehingga, kami berharap kerjasama terus berjalan dan kegiatan workshop seperti ini akan terus ada” tutup Ketua Jurusan Teknik Geodesi Itenas Bandung, Dr. Soni Darmawan, ST., MT.

Penulis : Bintang Putra Damaryani (Teknik Geodesi Itenas)

X