previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  berita »  Prestasi Tim Veloxymic di tingkat Internasional

Prestasi Tim Veloxymic di tingkat Internasional

On January 28, 2019, Posted by , In berita,prestasi, By ,,, , With Comments Off on Prestasi Tim Veloxymic di tingkat Internasional

Tim Veloxymic yang terdiri dari sekelompok mahasiswa Teknik Kimia Itenas : Imat Nur Alim, Nugroho Sentoso, Noverian Ruzkia Syardi, M Luthfie Zulkarnaen, Jeremia Nico Lanmarito, Frans Arapenta, M Alif Akbar Basuki, Fakhrurrazi Waridi Sidqi, R Juniar Syarifudin, Rica Dwi Sandika dan Nurul Ratna Anisa berhasil meraih juara pertama untuk Mobil Kimia Itenas dalam lomba berskala internasional : Chem-E-Car Competition PGD UI Depok (26/01/2019). Tim ini merupakan bimbingan Ketua Jurusan Teknik Kimia, Jono Suhartono, Ph.D beserta para dosen Jurusan Teknik Kimia Itenas.

Dalam Lomba ini, Tim Veloxymic membuat sebuah prototipe mobil dengan penggerak gas oksigen bertekanan cukup tinggi hasil reaksi kimia. Mobil pertama yang dibuat oleh sekelompok mahasiswa Teknik Kimia Itenas ini bernama Pramakarsa. Mobil ini merupakan pencetus terbentuknya Tim Veloxymic yang didasari ketertarikan dalam pembuatan mobil kimia. Pramakarsa yang bergerak karena gas hasil dekomposisi hidrogen peroksida oleh permanganat menghasilkan oksigen dengan tekanan cukup besar. Gas Oksigen yang bebas emisi dengan tekanan tinggi inilah yang mampu menggerakan piston dalam rangkaian mobil dan membuat mobil dapat melaju hingga gas yang dihasilkan habis bereaksi. Semakin banyak gas yang dihasilkan maka jarak mobil bergerak akan semakin jauh.

Perlombaan Chemical Engineering Car (Chem E Car) yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia ini diikuti oleh beberapa institusi ternama dari dalam maupun luar negeri yang memiliki mobil dengan penggerak dari reaksi kimia. Acara yang berlangsung satu hari penuh dimulai dengan exhibition dan presentasi, dilanjutkan dengan race mobil dalam dua ronde. Persiapan Mobil Kimia Itenas telah dilakukan oleh Tim Veloxymic selama kurang lebih 6 bulan sebelum acara dimulai. Aturan permainan yang mengharuskan mobil mendorong bola dan berhenti tepat di garis finish membuat Tim Veloxymic mendapat poin unggul pada ronde kedua.Tim Veloxymic Itenas unggul dari mobil kimia milik tuan rumah (UI) dan UGM setelah ronde kedua dilaksanakan. Poin yang berasal dari race ditambahkan dengan hasil presentasi yang baik sehingga berhasil menempatkan Tim Veloxymic di posisi pertama.

Selain prestasi tersebut, Tim yang baru terbentuk tahun 2017 ini sebelumnya telah mengikuti beberapa event internasional, diantaranya lomba yang diselenggarakan di ITS (22-25 Maret 2018) dan UI (25-27 Januari 2018). Keteguhan yang lahir dari gagasan hebat Tim Veloxymic bersama jajaran dosen pembimbingnya dari Jurusan Teknik Kimia Itenas terbukti menghasilkan prestasi yang membanggakan. Kerja keras, kekompakan, tantangan, dan haru biru yang mewarnai proses tim selama ini merupakan prestasi bagi seluruh anggota tim, dosen, jurusan, dan keluarga Itenas.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Tim Velocymic dan Mobil Kimia Itenas : Pramakarsa, silakan cek di laman berikut :
instagram: @veloxymic
youtube  : youtu.be/L4mc4sDYBus

 

[Vibianti Dwi Pratiwi ]

X