previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  Desain Komunikasi Visual S1 »  Visi, Misi, Tujuan, dan Keunggulan

Visi, Misi, Tujuan, dan Keunggulan


Desain Komunikasi Visual | Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran | Staf Pengajar


Visi

Menjadi program studi terkemuka di bidang Desain Komunikasi Visual yang mengedepankan kearifan budaya lokal, dalam peran aktifnya terhadap pembangunan berkelanjutan di lingkup nasional dan global, berlandaskan nilai-nilai integritas, kualitas, dan inovasi yang tinggi.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan di bidang Desain Komunikasi Visual yang berfokus pada kemampuan memecahkan permasalahan komunikasi di masyarakat, melalui perancangan pesan grafis, periklanan, dan/atau multimedia, secara mandiri maupun kolaboratif.
  2. Menumbuhkembangkan penelitian di bidang Desain Komunikasi Visual yang mengedepankan kearifan budaya lokal.
  3. Membangun dan membina kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang sinergis dengan Rencana Strategis Penelitian Itenas 2016-2020 sebagai bentuk peran serta terhadap pembangunan berkelanjutan di lingkup nasional dan global.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu memecahkan permasalahan komunikasi visual melalui perancangan pesan desain grafis, periklanan atau multimedia.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara kreatif, mandiri maupun kolaboratif.
  3. Menghasilkan lulusan yang memahami konsep dasar seni dan desain dengan karakter yang kuat sehingga mampu memecahkan permasalahan komunikasi melalui penggalian nilai-nilai kebudayaan dan kearifan lokal.

Sasaran Prodi Desain Komunikasi Visual Itenas 2016–2020 :

Peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran dengan indikator kinerja :
Persentasi Lulusan dengan IPK ≥ 3.00
Persentase Lulusan tepat waktu (48 bulan)
Persentase kelas mata kuliah dengan IP mata kuliah ≥ 2.75
Persentase mahasiswa dengan IPS ≥ 3.00

Strategi pencapaian yang dilakukan adalah :
1. Meningkatnya kualitas pendidikan dan pengajaran dengan cara :
– Meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran.
– Melakukan monitoring terhadap PBM.
– Melakukan evaluasi kurikulum secara berkelanjutan.
– Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dosen

2. Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa yang mengedepankan kearifan budaya local, strategi untuk mencapai sasaran tersebut adalah denga menguatkan posisi penelitian dosen dan mahasiswa dan mengidentifikasi Road-Map penelitian Dosen dan Mahasiswa. Performance indikator untuk mengukur keberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah :
– Persentase dosen yang mempunyai Road-Map Penelitian
– Jumlah sub-penelitian dosen yang ditawarkan pada mahasiswa

3. Meningkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat dengan indikator kinerja :
– Persentase publikasi penelitian (minimal tingkat nasional) terhadap jumlah dosen.
– Jumlah kegiatan pengabdian masyarakat.
– Persentase makalah di Jurnal Itenas Online

Strategi pencapaian yang dilakukan adalah :
– Penugasan dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
– Menyelenggarakan program publikasi online bagi setiap hasil penelitian mahasiswa dan dosen.
– Pemberian insentif oleh institut bagi dosen yang akan mempublikasikan makalahnya di jurnal internasional.

4. Meningkatnya jumlah dan kualitas kerjasama dengan berbagai pihak. Strategi untuk mencapai sasaran tersebut adalah :
– Menjalin komunikasi dengan stakeholder bidang industri dalam dan luar negeri, termasuk asosiasi profesi.
– Menjalin kerjasama dalam bentuk penandatanganan MoU.
– Meningkatnya jumlah keikutsertaan Dosen dalam asosiasi profesi.

Performance indikator untuk mengukur keberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah :
– Peningkatan Jumlah penandatanganan MoU Dalam Negeri
– Jumlah penandatanganan MoU Luar Negeri
– Peningkatan jumlah dosen yang menjadi anggota asosisasi

X