previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  Desain Produk S1 »  Visi, Misi, Tujuan, dan Keunggulan

Visi, Misi, Tujuan, dan Keunggulan


Desain Produk | Visi, Misi, Tujuan, dan Keunggulan | Staf Pengajar


Visi

Menjadikan keilmuan desain produk industri yang berorientasi pada kegiatan kreatif-analitis untuk menghasilkan karya dan kerja inovatif, melalui pengamatan terhadap perkembangan fenomena sosio-kultur aktual, eksploitasi potensi kekayaan alam dan budaya Indonesia untuk mencapai kemandirian dan keunggulan ekonomi di era globalisasi.

Misi

Misi perancangan kurikulum Program Studi Desain Produk ITENAS agar visi di atas tercapai yaitu penyusunan strategi pembelajaran yang tergetnya adalah:

  1. Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif dan terintegrasi dengan kegiatan penelitian dan pengambdian pada masyarakat sehingga mahasiswa dapat memperoleh hasil belajar yang optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
  2. Membangun kerjasama dengan pihak lain secara individual atau secara kelembagaan, seperti halnya dengan lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, industri, atau kelompok-kelompok sosial lainnya.
  3. Menetapkan bidang kajian khusus yang terdiri dari: Footwear & Fashion Design, Craft Design, Vehicle & Styling Design, Bisnis dan Industri Kreatif.
  4. Menguatkan sikap dan mental mahasiswa dalam membangun kemandirian, kerja kolektif, dan keuletan dalam bekerja dan belajar dalam kaitannya dengan proses pembelajaran yang dijalaninya
  5. Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa untuk dapat dipergunakan dalam usaha mandiri (wirausaha) bidang desain.

Tujuan

Tujuan perancangan kurikulum Prodi Desain Produk Dalam 5 tahun ke depan adalah menghasilkan sarjana desain produk industri yang:

  1. Memiliki kepekaan untuk mengidentifikasi masalah-masalah sosial, kekayaan alam, dan budaya yang terdapat di masyarakat dan mampu menjadikan potensi-potensi tersebut sebagai gagasan dasar dalam mengembangan produk-produk yang dirancangnya.
  2. Memiliki kecerdasan kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam hal menyusun strategi pemecahan masalah-masalah desain.
  3. Memiliki kemampuan beradaptasi terhadap perubahan kondisi lingkungan yang aktual berupa perkembangan teknologi, perubahan kebijakan pemerintah, dan dinamika kehidupan sosial yang terjadi baik dalam negeri dan luar negeri.
  4. Memahami bidang estetika, sains, dan prinsip penerapan teknologi sebagai dasar kemampuan analisis dan perancangan dalam bidang desain produk industri.
  5. Mampu mengembangkan potensi kewirausahaannya melalui pemanfaatan ilmu  pengetahuan, keterampilan dibidang perancangan produk, dan kepekaan melihat peluang pasar sehingga dapat merintis dibentuknya sebuah bidang usaha baru.

Keunggulan

Program Studi Desain Produk Industri Itenas, memiliki karakteristik yang unik dan merupakan wujud keunggulan yang dibanggakan, yaitu :

Memiliki sistem pembelajaran yang mengasah kreativitas untuk meningkatkan kemampuan craftmanship dalam menyelesaikan masalah riil di masyarakat dan industri (real design for real problems) dengan output berupa produk purwarupa(prototype) yang siap produksi.

X