previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  Perencanaan Wilayah dan Kota S1 »  Visi, Misi, Tujuan, dan Keunggulan

Visi, Misi, Tujuan, dan Keunggulan


Perencanaan Wilayah dan Kota | Visi, Misi, Tujuan, dan Keunggulan | Staf Pengajar


Visi

Unggul dalam pengelolaan kota berkelanjutan dan berkarakter lokal yang mampu memberikan solusi kreatif dan inovatif terhadap permasalahan perubahan pola hidup di era globalisasi.

Misi

Berdasarkan visi keilmuan di atas, maka misi program studi adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana dalam bidang perencanaan ruang dan pengelolaan kota yang visioner, kreatif, inovatif, mampu memandang konflik secara positif, serta mampu bekerja di dalam tim dan sebagai tim.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang memberikan pengalaman belajar yang nyata kepada mahasiswa sehingga mahasiswa memiliki kepekaan terhadap karakteristik ruang, manusia dan aktivitas.
  3. Menyelenggarakan penelitian dalam kegiatan perencanaan ruang dan pengelolaan kota dengan mempertimbangkan karakter lokal, perubahan pola hidup, dan keterbatasan sumber daya.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang perencanaan dan pengelolaan kota yang memberikan solusi kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan ruang, manusia dan aktivitas.
  5. Secara aktif melibatkan diri dalam forum ilmiah di tingkat nasional maupun internasional dalam bidang studi perkotaan, perencanaan ruang, pengelolaan kota, termasuk juga bidang lain yang menjadikan kota sebagai fokus kajiannya.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi di atas, maka tujuan program studi adalah:

  1. Menghasilkan lulusan dalam bidang perencanaan ruang dan pengelolaan kota yang visioner, kreatif, inovatif mampu memandang konflik secara positif, serta mampu bekerja di dalam tim.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kepekaan terhadap karakteristik ruang, manusia dan aktivitas melalui pengalaman pembelajaran yang nyata.
  3. Menghasilkan karya ilmiah di bidang ilmu bidang perencanaan ruang dan pengelolaan kota yang mempertimbangkan karakter lokal, perubahan pola hidup, dan keterbatasan sumber daya dalam kegiatan penelitian
  4. Menghasilkan karya ilmu dan pengetahuan di bidang perencanaan dan pengelolaan kota yang memberikan solusi kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan ruang, manusia dan aktivitas.
  5. Menghasilkan jejaring dengan sesama akademisi serta dengan para profesional dalam bidang yang relevan, baik di tingkat nasional maupun internasional.
  6. Menghasilkan insan pembelajar yang mampu mengembangkan kapasitas individualnya secara optimum di masa mendatang

Keunggulan

Keunggulan yang dimiliki oleh Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Itenas adalah:

  1. Prodi merupakan Program Studi S1 PWK di Indonesia yang berkonsentrasi pada bidang pengelolaan kota yang ditunjang oleh adanya Kelompok Keahlian yang secara spesifik memang mengembangkan bidang keilmuan yang terkait erat dengan kegiatan pengelolaan kota yaitu KK Ruang Kota dan Aktivitas, KK Mobilitas dan Infrastruktur, dan KK Pengembangan Wilayah dan Periurban;
  2. Prodi mengembangkan kurikulum yang memberi perhatian penuh kepada pengembangan individu secara holistik dengan metode pembelajaran yang memperhatikan karakteristik perkembangan mahasiswa dalam setiap tahapannya;
  3. Prodi memiliki kurikulum yang dirancang agar dapat fleksibel dalam mengakomodasi perkembangan mutakhir dalam berbagai permasalahan terkait perencanaan ruang dan pengelolaan kota.

Menghasilkan lulusan yang tidak hanya mampu menyusun rencana wilayah dan kota tetapi juga mampu menyusun rencana pengelolaan kota sebagai kelanjutan dari kegiatan perencanaan ruang.

X