Sebanyak 40 karya dari 30 mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Nasional ( ITENAS) hadir dalam Product Design Award 8 (PDA)

Seleksi tahap II (Tingkat Wilayah) Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi ONMIPA tahun 2018

Menggali Potensi Membina Prestasi
Shadow
Slider

Home »  Fakultas Seni Rupa & Desain [FSRD] »  Desain Interior S1

Desain Interior S1


Desain Interior | Visi, Misi, Tujuan, dan Keunggulan | Staf Pengajar


Sekilas Desain Interior Itenas

Program Studi Desain Interior Itenas didirikan pada tahun 1993 untuk jenjang pendidikan tingkat Sarjana (S-1) dengan gelar Sarjana Desain (S.Ds). sesuai kurikulum tingkat Sarjana, perkuliahan disusun dalam 8 semester (4 tahun) dengan 50 mata kuliah dan jumlah SKS (sistem kredit semester) 144 SKS.

Tahun pertama adalah tahap pendidikan dasar, mahasiswa belajar pengetahuan dan kemampuan dasar-dasar Seni Rupa dan Desain yaitu menggambar dan rupa dasar. Pada tahun kedua, mahasiswa mulai masuk studio Desain Interior dan selanjutnya hingga tahun keempat, mahasiswa belajar membuat Desain Interior berbagai ruang sesuai dengan klasifikasi dan besaran ruang tertentu sesuai judul proyek. Mahasiswa dituntut untuk mampu membuat desain dengan media digital dengan software khusus untuk Desain Interior & Arsitektur. Untuk mengenalkan dunia kerja Desain Interior sesungguhnya, menjelang Tugas Akhir, mahasiswa mengikuti Kerja Profesi di konsultan Desain Interior & Arsitektur.

Sistem perkuliahan untuk mata kuliah utama menggunakan sistem studio. Pengertian umum studio adalah tempat bekerja seniman, arsitek dan desainer, berupa ruang kerja yang dilengkapi dengan sarana pokok yang bagi Desainer Interior adalah meja gambar. mahasiswa mendapatkan satu meja gambar untuk membuat tugas proyek mata kuliah utama (Studio). Mata kuliah utama (Studio) yaitu Desain Interior I, Desain Interior II, Desain Interior III, Desain Interior IV, Desain Interior V, Desain Mebel I, II, III dan IV, dan Tugas Akhir. Mata kuliah studio didampingi berbagai mata kuliah penunjang untuk mendukung kemampuan calon Desainer Interior, antara lain Konstruksi Bangunan, Teknik Bangunan, Fisika Bangunan, Pengetahuan Bahan, Sejarah Desain Interior, Estetika dan Psikologi Ruang dan sebagainya.

Akreditasi

Desain Interior Itenas mendapat Akreditasi A dari BAN PT 3 kali berturut-turut. Sejak sistem Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) diberlakukan, Desain Interior Itenas mendapat Akreditasi A (2003-2008), A kedua (2008-2013) dan dengan SK BAN PT 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013, yang berlaku untuk periode 2013-2018, kembali memperoleh Akreditasi A.

Organisasi Profesi

Desainer Interior Indonesia terhimpun dalam organisasi profesi bernama Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII).