previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  Apa dan Siapa »  Klinik Itenas

Klinik Itenas

Apabila kita pergi ke arah barat Itenas tepat di sebelah lapangan Voli, kita bisa melihat sebuah gedung bergaya modern yang menghadap timur dengan fasad berwarna putih, jendela yang tinggi, dan dekorasi batu alam. Dengan bentuk seperti itu, cahaya matahari pagi dapat masuk dan menyinari ruangan di dalamnya dengan baik sehingga terasa lega, terang dan segar. Gedung tersebut adalah Klinik Itenas.

Klinik Itenas merupakan klinik yang mengedepankan pelayanan kesehatan dasar bagi para mahasiswa, dosen, staf Itenas dan masyarakat sekitar yang didukung oleh tenaga medik dan nonmedik yang profesional di bidangnya. Pada awalnya, Klinik Itenas berdiri dengan nama Balai Pengobatan (BP) Itenas yang terbentuk pada tanggal 8 Mei 1991. Balai Pengobatan Itenas tersebut merupakan gagasan dan cita-cita Ibu Rochjat Mansoer yang ingin berpartisipasi dalam membina kesejahteraan karyawan, mahasiswa dan penduduk sekitar Kampus Itenas.

Dengan berjalannya perkembangan kampus dan tuntutan akan sistem pelayanan yang semakin tinggi, Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi merasa perlu untuk mengembangkan konsep Balai Pengobatan ini menjadi sebuah klinik yang memberikan pelayanan profesional sekaligus mengembangkan peran CSR pada Civitas Academica, karyawan dan masyarakat sekitar. Dengan tujuan tersebut, pada 2 September 2013 Yayasan menggandeng Rumah Sakit Padjajaran (RSP) sebagai mitra kerja yang memiliki kapabilitas dan pengalaman dalam pengelolaan Klinik.

Layanan Klinik saat ini meliputi Pemeriksaan Poli Umum dan Konsultasi Medis, lengkap dengan Ruang Tindakan. Layanan lainnya adalah Pembuatan Surat Sehat, Terapi Uap Asthma (Nebulizer). Klinik Itenas juga bermitra dengan Jejaring Klinik untuk layanan Laboratorium, Keluarga Berencana dan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Untuk Layanan Asuransi, sejak tahun 2015 Klinik Itenas bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan menerima pasien dari kalangan Itenas maupun untuk Umum sebagai Klinik Pratama. Selain layanan-layanan tersebut, Klinik Itenas juga memiliki Program Kemasyarakatan, diantaranya Posyandu, Penyuluhan kesehatan yang dilakukan dokter atau paramedik Klinik Itenas, Khitanan Massal, Balai Pengobatan Massal, dan Bantuan Medis (BANMED). Jadwal Praktik Klinik adalah Senin-Jumat dimulai sejak pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB, dan pada hari Sabtu buka setengah hari.

Klinik Itenas memiliki jajaran dokter profesional diantaranya dr. Pangestu Widodo, dr. Dhany Kartika Sari, dan dr. Revita Choerunisa, AAK, MM sebagai Dokter Jaga Klinik. Selain Dokter Jaga, dr. Pangestu Widodo juga merupakan Penganggung Jawab Klinik.

Menurut pasien yang sudah berobat, mereka merasa nyaman berobat di Klinik Itenas karena tempatnya bersih, prosesnya mudah, pengobatan juga dirasa tepat dan hasilnya memuaskan. Khususnya untuk mahasiswa Itenas, keberadaan Klinik Itenas memberikan banyak manfaat, termasuk fasilitas kesehatan yang terjangkau dan memudahkan. Seperti semboyan Mens sana in corpore sano, pemikiran yang sehat ada di dalam tubuh yang sehat, maka Klinik Itenas hadir sebagai fasilitas yang siap memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi pasien, sehingga pasien yang kembali sehat dapat melahirkan lagi gagasan-gagasan hebatnya dalam tubuh yang fit dan bugar.

X