previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  Fakultas Seni Rupa & Desain [FSRD] »  Desain Produk S1

Desain Produk S1


Program Studi Desain Produk Industri adalah bidang yg sangat menyenangkan karena akan selalu bertemu dan bekerja bersama bidang-bidang lainnya untuk menciptakan banyak hal baru dan dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu, Program studi Desain Produk Industri Itenas yang berdiri sejak tahun 1993 menitik beratkan perhatian pada penggalian passion para siswanya pada sesuatu hal, dan berangkat dari passion tersebutlah maka selama proses pendidikan ia akan menggali peluang untuk menghasilkan desain-desain produk yang memiliki kelayakan secara industry dan ekonomi.
Program Studi Desain Produk Industri Itenas merupakan bidang yang menarik bagi orang kreatif karena memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Bagi orang-orang yang sangat suka untuk menghasilkan kreasi, maka bidang ini menjadi sangat tepat. Desain Produk Industri dikenal dengan sebutan Product Design atau Industrial Desain dalam bahasa internasional. Secara umum, bidang ruang lingkup Desain Produk Industri dimulai dari rancangan benda-benda yang melekat pada tubuh, seperti : perhiasan, jam tangan, kaca mata, hingga sepatu, kemudian benda benda yang ada disekeliling kita, seperti keran air, piring, sendok, kursi, lemari sampai kendaraan (mobil, kereta api, atau pesawat terbang). Seorang desainer produk industri tentunya tidak diharuskan menguasai semuanya, pada dasarnya dia dapat memilih komoditi apa yang akan menjadi konsentrasinya, apakah menjadi seorang desainer sepatu, atau desainer mobil, atau desainer perhiasan.
Berdasarkan kecenderungan dari alumni yang dihasilkan oleh program studi desain produk industri Itenas sejak 1993, maka ditawarkan 5 konsentrasi bidang yaitu :
Craft yaitu desain-desain produk industri yang terkait dengan produk craft yang secara khusus berawal dari potensi yang dimiliki oleh sebuah material.
Alas kaki dan fashion, yaitu desain-desain produk industry dari komoditi yang termasuk pada kelompok alas kaki atauproduk yang melekat pada tubuh, seperti tas, dompet, hingga perhiasan.
Vehicle and styling, yaitu produk-produk yang tergolong pada kelompok kendaraan dan produk-produk yang dihasilkan oleh industri manufaktur.
Furniture, yaitu produk-produk yang memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas sarana duduk dan penyimpanan.
Bisnis dan Industri Kreatif, yaitu konsentrasi yang lebih menekankan pada siswa untuk menjadi seorang designpreneur, yaitu wirausaha berbasis desain.
Sebagian besar lulusan Program Studi Desain Produk Industri Itenas bergerak pada 5 konsentrasi tersebut, dan tidak sedikit juga yang sudah menjadi desainer pada tingkat internasional. Hingga saat ini desain produk industri ITENAS sudah mendapatkan banyak sekali kepercayaan dari beragam instansi, baik pemerintah, industri, atau lembaga swasta lainnya. Untuk mendukung proses pembelajaran di jurusan Desain Produk Industri Itenas, tersedia fasilitas studio, lab. prototyping, lab mobil listrik, lab. ergonomi, workshop jewelry, workshop pengolahan kulit.

X