previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  Fakultas Teknologi Industri [FTI] »  Sistem Informasi S1

Sistem Informasi S1

Program Studi Sistem Informasi Itenas adalah Prodi yang mempelajari berbagai konsep teori dan strategi penerapan system informasi dalam organisasi, terutama dalam kaitannya dengan proses penciptaan, pengolahan,penyimpanan, pendistribusian, dan pengawasan data/informasi/knowledge di seluruh tataran dan ruang lingkup organisasi (information governance). Lulusan program studi Sistem Informasi diharapkan mampu berpikir secara analitis kritis dalam memecahkan masalah di berbagai bidang dengan mengembangkan solusi sistem informasi berbasis teknologi. Selama perkuliahan mahasiswa akan belajar untuk menganalisis bagaimana berbagai hal terhubung dan terintegrasi, baik virtual atau nyata, dari proses kecil hingga pengorganisasian skala besar. Mahasiswa juga akan mengembangkan keterampilan pemrograman, manajemen proyek, desain, implementasi, dan pengujian sehingga mereka dapat membantu menghasilkan, memproses, dan mendistribusikan informasi dengan cara yang efektif dan efisien.
Program Studi Sistem Informasi Itenas adalah anggota dari Asosisasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM). Saat ini sedang menjalani kerjasama berupa pelaksanaan Kerja Praktik, Tugas Akhir, dan penelitian dengan PT. Sonar Analitika Indonesia yang fokus pada bidang Business Intelligent. Selain kerjasama dengan perusahaan, mahasiswa Sistem Informasi juga mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan perkuliahan di Szent Istvan University, Hungaria.
Penelitian yang dikembangkan terdiri dari pengembangan arsitektur teknologi informasi, pengembangan rencana tata kelola teknologi informasi, data science, hingga pengembangan data warehouse. Dosen-dosen yang ada di Sistem Informasi memiliki sertifikasi dosen sebagai berikut : SQL Server 2012 Database Development, MS Project, MOS Specialist, dan Ec Council Project Management
Materi kuliah yang ada di Program Studi Sistem Informasi Itenas dikelompokkan dalam 4 bidang, yaitu (a) E-Bisnis dan Solusi Sistem Informasi (Pemrograman Dasar, Pemrograman Basis Data,Perencanaan Sumber Daya Enterprise, Pengelolaan Hubungan Pelanggan) ; (b) Perencanaan Teknologi Informasi (Rekayasa Informasi, Perencanaan Strategis IS/IT) ; (c) Tata Kelola Teknologi Informasi (Infrastruktur Teknologi Informasi, Keamanan dan Manajemen Risiko Sistem Informasi) ; (d) Basisdata Engineer (Basisdata Administrator & Bisnis Intelijen)
Lulusan Program Studi Sistem Informasi Itenas dapat berkerja diberbagai bidang seperti System Analyst & Business Analyst, Project Manager. Programmer, Database Analyst. Database Administrator, Information Technology Governance Analyst, Information Technology Auditor, serta Information Technology Planner.

X