previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  Fakultas Teknologi Industri [FTI] »  Teknik Mesin S1

Teknik Mesin S1

Program Studi Teknik Mesin Itenas adalah salah satu disiplin teknik terluas yang berhubungan dengan sistem mekanikal dengan menggunakan prinsip-prinsip fisika, matematika, dan ilmu material yang berkontribusi dalam perkembangan teknologi di lingkup nasional dan global. Sarjana Teknik Mesin ITENAS menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki kemampuan konseptual yang mendalam dalam sistem mekanika dan mempunyai integritas dan jiwa kewirausahaan serta menjunjung tata nilai budaya yang berlaku. Mahasiswa kan didorong untuk mampu memahami Teknologi Drone, Pengenalan Perangkat Lunak Teknik Mesin, Aplikasi Teknik Mesin pada Masyarakat, Proses Pengelasan, Teknik Kehandalan, Proses Pengecoran, Bejana Tekan, Inspeksi Umur Pakai Peralatan, serta Analisa Kegagalan.
Lulusan Program Studi Teknik Mesin telah mengabdikan dirinya diberbagai bidang, antara lain Industri otomotif, minyak bumi dan gas, mesin mesin berat, institusi pendidikan, institusi penelitian dan industri lainnya. Beberapa perusahaan yang menerima lulusan Teknik Mesin adalah LG Innotek, Schlumberger, Perusahaan Listrik Negara, Astra Group, Vuteq, PT Dirgantara Indonesia, Pertamina, PT PINDAD, Indonesia Power,PT Pamapersada Nusantara, PJB, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan lainnya.
Program Studi Teknik Mesin Itenas aktif dalam melaksanakan program penelitian. Sejak tahun 2015, berhasil meraih beberapa Hibah Penelitian yang didanai oleh Kemenristekdikti. Beberapa diantaranya berjudul Pengembangan Platform (Casis) Mobil Listrik Jenis Cross Over dalam Rangka Pengembangan Mobil Listrik Nasional dan Perancangan & Pembuatan Robot Burung Pesawat Tanpa Awak-Drone dengan Sayap Mengepak-Bird Flapping Wings.
Mahasiswa Teknik Mesin Itenas selalu aktif dalam perlombaan Gokart yang diadakan tingkat Nasional, seperti Eshark Rok Cup dan Rotax Max Challenge dan berhasil meraih posisi 4 besar sejak tahun 2016. Selain itu, mahasiswa Teknik Mesin mendapat kesempatan untuk mengikuti program Pertukaran Pelajar ke Szent-Isvan University, Hungaria. Selain itu, Program Studi Teknik Mesin Itenas telah memiliki lisensi perangkat lunas Solidwork dan menyediakan fasilitas pelatihan untuk memperoleh sertifikat internasional dari Certified Solidwork Associate (CSWA).

X