previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  Teknik Mesin S1 »  Visi, Misi, dan Tujuan

Visi, Misi, dan Tujuan


Teknik Mesin | Visi, Misi, Tujuan dan Keunggulan | Staf Pengajar


Visi Program Studi Sarjana Teknik Mesin Itenas 2020 adalah:

“Menjadi Program Studi Sarjana yang ungguldalam sistem mekanika yang berkontribusi dalam perkembangan teknologi di lingkup nasional dan global.”

Misi Program Studi Sarjana Teknik Mesin 2016-2020

  1. Mengembangkan keilmuan Teknik Mesin yang memiliki kemampuan teknis dan manajerial yang prima sesuai dengan standar internasional, dengan menekankan pada penalaran konseptual dan keterampilan menyelesaikan masalah.
  2. Mengembangkan pendidikan bermutu yang menekankan dalam hal konsep dasar Teknik Mesin dengan menggali potensi dan membentuk karakter mahasiswa yang berintegritas serta moral tinggi sebagai modal dalam peran serta dalam pembangunan nasional.
  3. Melaksanakan penelitian di bidang keilmuan Teknik Mesin yang dapat memberikan manfaat pada pengembangan pengetahuan untuk pembangunan nasional berkelanjutan.
  4. Melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai wujud peran serta dalam pemberdayaan masyarakat.

Program Studi Sarjana Teknik Mesin Itenas menetapkan beberapa tujuan dalam jangka menengah 2016-2020 sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan sarjana dalam bidang Ilmu Teknik Mesin, yang memiliki kemampuan konseptual yang mendalam, sehingga mampu mengembangkan keilmuan serta menerapkannya.
  2. Menghasilkan lulusan sarjana yang mempunyai integritas dan jiwa kewirausahaan dalam arti luas, menjunjung tata nilai budaya yang berlaku serta berwawasan lingkungan.
  3. Menghasilkan karya penelitian yang dipublikasikan baik nasional maupun internasional dan karya inovasi yang bertujuan untuk pengembangan dan penerapan ilmu sehingga mempunyai nilai komersial yang tinggi.
  4. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya, dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sasaran prodi Sarjana sampai tahun 2020 adalah sebagai berikut :

  1. Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pengajaran, sasaran ini ditunjukkan dengan persentase peningkatan IPK lulusan, IPS mahasiswa, IP mata kuliah lebih besar dari 3, dan persentase lulusan tepat waktu.
  2. Peningkatan Kegiatan Kemahasiswaan yang menumbuhkan nilai intergritas dan jiwa kewirausahaan, sasaran ini ditunjukkan dengan peningkatan jumlah kegiatan kemahasiswaan, jumlah lomba yang diikuti serta jumlah prestasi yang diraih.
  3. Peningkatan Penelitian, sasaran ini ditunjukkan dengan peningkatan jumlah dan mutu penelitian dan publikasi
  4. Peningkatan Pengabdian kepada masyarakat, sasaran ini ditunjukkan dengan peningkatan jumlah dan mutu kegiatan pengabdian masyarakat
  5. Peningkatan sarana prasarana, sasaran ini ditunjukkan dengan jumlah alat laboratorium yang tersertifikasi dan jumlah laboratorium yang memenuhi standar pelayanan mahasiswa.

Keunggulan

Kuat dalam hal konsep dasar Teknik Mesin (fundamental principles of mechanical engineering) dengan atau tanpa menggunakan perangkat lunak dalam perancangan dan simulasi sistem mekanikal

X