previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  Arsitektur S1 »  Visi, Misi, Tujuan, dan Keunggulan

Visi, Misi, Tujuan, dan Keunggulan


Arsitektur | Visi, Misi, Tujuan, dan Keunggulan | Staf Pengajar


Visi dan misi  Program Studi Arsitektur mengacu kepada visi dan misi Itenas. Namun demikian Program Studi Arsitektur sudah memiliki visi misi   yang jelas untuk menghadapi era pasar bebas yang berpijak pada aspek lingkungan berkelanjutan agar dapat memposisikan lulusannya baik di antara lulusan program studi sejenis maupun dalam dunia kerja.

Visi Program Studi

Menjadi komunitas keilmuan arsitektur yang unggul dalam menerapkan keilmuan arsitektur yang berlandaskan keberlanjutan pada aspek lingkungan urban/sub urban, kearifan lokal, teknologi rekayasa bangunan, dan kewirausahaan menuju wawasan internasional dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

Misi Program Studi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran dengan keunggulan akademik untuk menggali potensi dan membentuk karakter mahasiswa, agar mampu menempatkan diri dan berperan aktif dengan bekal pengetahuan keilmuan arsitekturnya  di pasar bebas.
  2. Membangun komunitas keilmuan arsitektur yang membuka wawasan dengan mengacu pada prinsip keberlanjutan berdasarkan penggalian isu termutakhir
  3. Melaksanakan kegiatan penelitian dalam bidang keilmuan arsitektur dan teknologi yang dapat memberikan manfaat pada pengembangan pengetahuan dan mutu pembelajaran , untuk selanjutnya dapat dimanfaatkan baik di tingkat nasional maupun internasional
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bidang arsitektur melalui kerja sama dengan institusi lain, pemerintah atau swasta, nasional maupun internasional, untuk mengimplementasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai wujud peran serta dalam peningkatan kinerja masyarakat.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan pemahaman dalam bidang perancangan arsitektur, struktur dan konstruksi, sejarah dan teori arsitektur, perumahan dan permukiman, serta arsitektur kota sebagai dasar kemampuan analisis dan perancangan lingkungan binaan.
  2. Menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan arsitektur dan teknologi yang mendukungnya.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang arsitektur melalui kerjasama dengan berbagai institusi lain melalui hasil penelitian yang telah dilakukan sesuai dengan kompetensi di bidang arsitektur.
  4. Menghasilkan lulusan yang mandiri dan kreatif dalam memanfaatkan teknologi rekayasa bangunan dan memiliki keterampilan dalam perancangan bangunan dan lingkungan binaan urban dan sub urban berlandaskan kearifan lokal dan berwawasan global.

Keunggulan Program Studi

  1. Kepekaan terhadap aspek keteknikan dalam perwujudan karya arsitektur pada skala urban/suburban
  2. Kepekaan terhadap aspek lingkungan berkelanjutan, penerapan produk teknologi yang ramah lingkungan dan pertimbangan terhadap kearifan lokal
  3. Kemandirian dalam mengembangkan ide-ide kreatif, berperan aktif dalam mengisi dunia kerja, dan mudah beradaptasi terhadap lingkungan kerja
X