previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan [FTSP] »  Teknik Geodesi S1

Teknik Geodesi S1


Program studi Teknik Geodesi Itenas adalah bidang studi yang berkaitan dengan survei dan pemetaan dengan pendekatan terpadu yang memberikan kemampuan dalam mengukur/menginterpretasikan, menganalisis dan mengelola data kebumian (tanah, lautan, sumber daya alam dan lingkungan) sehingga menjadi informasi yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring kegiatan pembangunan di suatu daerah. Mahasiswa selama perkuliahan akan didorong untuk memahami Pengelolaan Wilayah dan Pesisir, Survei Kadastral, Survei Konstruksi, Penilaian Tanah, Survei Pertambangan, Ilmu Nautika, Deformasi, Kontrol Kualitas Survei & Pemetaan, Kebijakan Geospasial, Infrastruktur Data Spasial, Kontrol Kualitas Informasi Geospasial, serta Fotogrametri Jarak Dekat.

Program Studi Teknik Geodesi Itenas memiliki kerjasama dengan beberapa perusahaan survei pemetaan yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Survei Pemetaan dan Informasi Geospasial (APSPIG),instansi pemerintahan seperti Badan Informasi Geospasial (BIG), LIPI, dan LAPAN, dan asosiasiprofesi seperti Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) dan Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN).

Teknik Geodesi Itenas aktif dalam melakukan penelitian, salah satu karya inovatif yang dihasilkan adalah Estimasi Umur Tanam Kelapa Sawit Menggunakan Teknologi Remote Sensing. Penelitian lainnya yang dikembangkan adalah Rancang Bangun Geodatabase dan Sistem Informasi Kebencanaan. Mahasiswa Teknik Geodesi Itenas rutin menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional yang mengundang pembicara-pembicara dari berbagai latar belakang dan mengadakan pameran teknologi pemetaan. Mahasiswa Teknik Geodesi Itenas juga berhasil meraih beberapa prestasi di tingkat nasional, salah satunya menjadi First Winner of ESRI Young Scholars Award 2019.

Lulusan Prpgram Studi Teknik Geodesi Itenas telah banyak berkarya di berbagai bidang seperti Technical Support, Underground Mine Surveyors, Entrepreneur, Survey Engineer, Hydrographic, Surveyors, GIS Analyst, LIDAR Engineer, Remote, Sensing Analyst, Cartographer, dan Drone Surveyor.

Link Website Teknik Geodesi

 

X