Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung berhasil merancang dan mewujudkan mobil masa depan, Mobil berjenis crossover yang diberi nama EVHERO (Electric Crossover) ini mengandalkan tenaga listrik.

Menggali Potensi Membina Prestasi
Shadow
Slider

Home »  Fakultas Seni Rupa & Desain [FSRD] »  Desain Produk S1

Desain Produk S1


Desain Produk | Visi, Misi, Tujuan, dan Keunggulan | Staf Pengajar


Kosentrasi craf

Kosentrasi ini menitik beratkan persoalan desain melalui pendekatan craft, yaitu penggunaan tangan, kepekaan terhadap kualitas visual, dan berpusat pada karakteristik material. Titik berat kosentrasi ini adalah dihasilkannya kebaruan, atau keunikan, dan/atau originalitas dari desainer. Beberapa komoditi yang menjadi objek pada kosentrasi ini adalah peralatan rumah tangga, furniture, perhiasan, dan beberapa peralatan lain yang memiliki dimensi lebih kecil dari tubuh manusia.

 

Kosentrasi Alas Kaki dan Fashion

Berbeda dengan kosentrasi craft, kosentrasi alas kaki dan fashion lebih menitik beratkan persoalan desain pada karakteristik subjek (masyarakat) yang akan menggunakan hasil desain yang dirancang. Alas kaki pada kosentrasi ini merupakan bagian dari fashion dalam pengertian kulit kedua (second skin) bersama komoditi lain yang melekat pada tubuh manusia, seperti dompet, tas, dan perhiasan. Sementara, alas kaki sebagai sebuah komoditi industri juga menekankan persoalan pada produksi dan ergonomi.

 

Kosentrasi vehicle (transportasi) dan Styling

Seperti juga halnya kosentrasi alas kaki dan fashion, kosentrasi ini menitik beratkan persoalan desain pada karakateristik subjek (pengguna). Persoalan yang berbeda adalah pada objek olahan, yaitu peralatan atau sarana yang berhubungan dengan fungsi transportasi. Disamping bahwa objek merupakan produk yang lebih besar dari ukuran manusia, pada kosentrasi ini dituntut pertimbangan terhadap persoalan kendaraan sebagai produk industri manufaktur, walaupun pada beberapa kasus terdapat persoalan kendaraan yang diproduksi pada skala industri kecil menengah.

 

Kosentrasi Bisnis Dan Industri Kreatif

Tidak seperti 3 kosentrasi yang lain, penitik beratan persoalan pada kosentrasi ini adalah bagaimana sebuah bisnis dapat didasarkan pada nilai desain yang dihasilkan, atau bagaimana sebuah desain harus dirancang dengan penekanan pada karaktersitik bisnis yang akan dilakukan. Kosentrasi ini khusus menangani persoalan desain dengan melihat perannya sebagai kapital sebuah industri atau lebih dikenal sebagai industri kreatif yang merupakan bagian dari ekonomi kreatif.

X