Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan [FTSP] – Itenas

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Demi mendukung pembangunan yang berasazkan nilai kebaruan, keberlanjutan dan pemeliharaan lingkungan, maka setiap perencanaan dalam lingkup apapun mesti melalui riset yang mendalam dan terfokus. Perencanaan dan sipil merupakan tatanan yang penting dalam kehidupan bermasyarakan dan pembangunan bangsa. Keilmuan yang terpusat pada hidup manusia dan sistem pembangunan dan efektif, efisien serta bernilai estetis menjadi hal yang penting karena merupakan indikator kemajuan bangsa. Jurusan-jurusan yang ada di bawah naungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ini adalah jurusan yang terdepan dalam hubungan antara manusia, bumi yang dipijaknya, serta masyarakat dan negara.

Visi

Merupakan institusi yang melaksanakan pendidikan untuk mengembangkan sumber daya manusia khususnya di bidang rancang bangun yang berwawasan lingkungan hidup yang sehat, memiliki watak inovatif dan berwawasan kewirausahaan, mampu berperan aktif dalam pengkajian dan perkembangan teknologi, serta budaya nasional.

 

Misi

1.Memberikan bekal pengetahuan bagi terwujudnya kematangan pribadi yang berwatak profesional, percaya diri, bangga akan karya sendiri, jujur, serta mawas terhadap etika profesi, sehingga mampu beradaptasi dalam berbagai situasi dan kondisi yang menuntut kemandirian.
2.Memupuk wawasan dan kesadaran sivitas akademika untuk melestarikan lingkungan hidup yang sehat yang mengandung makna budaya nasional, baik dalam tingkat profesional maupun kehidupan sosial.
3.Menghasilkan lulusan yang mampu berkarya dengan baik dalam forum interdisiplin dalam bidang rancang bangun.
4.Memupuk tumbuhnya sinergi baik di dalam maupun di luar FTSP dalam program pendidikan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat.

Tujuan

  • Memiliki kemampuan akademik dan profesional yang tinggi di bidang rancang bangun.
  • Mampu bekerja dalam tim yang interdisiplin dan multidisiplin dalam menangani masalah di bidang perencanaan dan rekayasa bangunan.
  • Memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan serta mampu melakukan inovasi.
  • Memiliki kesadaran dan kemampuan untuk melestarikan lingkungan hidup, baik dalam tingkat profesional maupun dalam kehidupan sosial.
  • Memiliki bekal untuk mengembangkan diri dengan belajar sepanjang hayat, memiliki pemahaman, komitmen serta tanggung jawab terhadap profesi.

Teknik Sipil (S1)

Program Studi Teknik Sipil menghasilkan Sarjana Teknik yang mampu merancang, melaksanakan, mengawasi, dan memelihara prasarana wilayah, meliputi infrastruktur transportasi seperti jalan, jembatan, bandara, pelabuhan, rel, dan gedung ...

Magister Teknik Sipil (S2)

Menghasilkan lulusan yang dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang ilmu transportasi, lingkungan, keselamatan transportasi, teknologi preservasi infrastruktur, manajemen infrastruktur, dan pembiayaan infrastruktur, ....

Teknik Geodesi (S1)

Program studi Teknik Geodesi Itenas adalah bidang studi yang berkaitan dengan survei dan pemetaan dengan pendekatan terpadu yang memberikan kemampuan dalam mengukur/menginterpretasikan, menganalisis dan mengelola data kebumian ....

Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)

Program studi ini berkaitan dengan berbagai bidang ilmu termasuk bidang keteknikan maupun sosial ekonomi. Lulusan PWK biasa disebut sebagai planner memiliki ciri khas yang sangat kental yaitu pemikiran yang terstruktur dan sistematis...

Teknik Lingkungan (S1)

Program Studi Teknik Lingkungan Itenas mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan memiliki kompetensi yang mampu memberikan analisis dan solusi dalam berbagai permasalahan lingkungan secara global ...
X
X