Program Magister Teknik Sipil

Progam Studi Magister Teknik Sipil unggul di bidang operasi dan preservasi infrastruktur transportasi darat yang berwawasan lingkungan, memiliki integritas, watak inovatif, berperan aktif dalam pengembangan maupun penerapan sains dan teknologi untuk menunjang pembangunan infrastruktur berkelanjutan serta memiliki integritas dan moral yang tinggi di tingkat nasional dan internasional.
Lulusan program studi ini dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dibidang ilmu transportasi, lingkungan, keselamatan transportasi, teknologi preservasi infrastruktur, manajemen infrastruktur, dan pembiayaan infrastruktur, sehingga menghasilkan karya inovatif yang teruji serta mampu menerapkannya berdasarkan kondisi nyata di lapangan. Selain itu, lulusan dapat mengelola dan mengembangkan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya di bidang infrastruktur transportasi darat dan mendapat pengakuan nasional maupun internasional. Lulusan mempunyai integritas dan kemampuan melakukan aktivitas secara bersama serta selalu berupaya untuk menghasilkan dan mengimplementasikan hal-hal baru yang bermanfaat bagi masyarakat dan dapat memecahkan permasalahan sains dan teknologi dibidang ilmu transportasi darat yang berkelanjutan dengan memperhatikan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, melalui pendekatan inter atau multi disipliner. Penelitian yang dilakukan dapat memberikan kontribusi positif pada masyarakat di bidang ilmu transportasi berkelanjutan dengan ciri khas pada infrastruktur transportasi darat.

Lulusan Program Studi Magister Teknik Sipil Itenas dapat berkarir sebagai:
1. Instansi / PNS, umumnya lebih kepada peningkatan pengetahuan di bidang – bidang khusus, utamanya adalah bidang dimana mahasiswa tersebut bekerja. (bina marga, cipta karya dll) sehingga diperlukan pengetahuan yang update serta dasar-dasar untuk dapat menganalisis dan mengembangkan suatu metode pelaksanaan.
2. Akademisi. Umumnya dipersiapkan untuk menjadi dosen, sehingga diperlukan pembekalan terhadap dasar – dasar pengetahuan sampai dengan tingkat lanjut. Diharapkan pengetahuan dasar dapat terpahami sehingga dapat menerapkan untuk pengambilan solusi dalam berbagai permasalahan.
3. Wirausaha / Kontraktor / Konsultan, umumnya adalah lulusan yang bergabung dengan lulusan yang telah mapan, sehingga dibutuhkan manajemen infrastruktur, pengetahuan tentang trend teknik sipil serta pengetahuan tentang bisnis – bisnis teknik sipil.

Dr. Eng. Didin Agustian Permadi

Dr. Eng. Didin Agustian Permadi

Dr. Dwi Prasetyanto

Dr. Dwi Prasetyanto

Dr. Etih Hartati

Dr. Etih Hartati

Dr. Herman

Dr. Herman

Imam Aschuri, Ph.D.

Imam Aschuri, Ph.D.

Iwan Juwana, Ph.D.

Iwan Juwana, Ph.D.

Dr. Ratna Agustina

Dr. Ratna Agustina

Dr. Soni Darmawan

Dr. Soni Darmawan

Dr. Widya Suryadini

Dr. Widya Suryadini

Yessi Nirwana Kurniadi, Ph.D.

Yessi Nirwana Kurniadi, Ph.D.

Dr. Yuki Achmad Yakin

Dr. Yuki Achmad Yakin


NMK

MATA KULIAH

NAMA

SKS

 

Semester I

3

1

Statsitik Rekayasa

3

2

Metodologi Penelitian dan Publikasi

3

3

Ekonomi Transportasi

3

4

Amdal dan Keselamatan Transportasi

3

 

Jumlah

12

 

Semester II

 

1

Analisis Sistem Jaringan

3

2

Teknologi Preservasi dan Rehabilitasi Jalan

3

3

Pilihan I

3

4

a. Teknologi Preservasi dan Rehabilitasi Jembatan

3

 

b. Angkutan Publik Perkotaan

3

 

c. Manajemen Perkerasan

3

 

Jumlah

9

 

Semester III

 

1

Manajemen Pemeliharaan Infrastrutur

3

2

Pembiayaan Infrastruktur

3

3

Pilihan II

3

4

a. Rekayasa Keselamatan Jalan

3

 

b. Perencanaan dan Permodelan Transportasi

3

 

c. Teknologi Preservasi Bangunan Pelengkap Jalan

3

 

Jumlah

9

 

Semester IV

 

1

Tesis

6

 

Jumlah

6

 

X