Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung merupakan perguruan tinggi yang terletak di Jl. PH.H. Mustapa No. 23, Bandung. Area yang mudah dijangkau dari berbagai arah Kota Bandung menjadikan lokasi Kampus Itenas cukup strategis. Dikelilingi oleh berbagai pusat perbelanjaan, pusat kuliner, percetakan, dan juga perumahan, Itenas menjadi salah satu kampus yang sangat hidup dan menyenangkan.

Untuk download brosur informasi umum mengenai kampus Itenas klik di sini.

Institut Teknologi Nasional Bandung didirikan oleh Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi. Itenas pada awalnya merupakan Akademi, yang didirikan pada tanggal 14 Desember 1972 (SK Pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi No. 01/Kep/DS/1972) dengan nama Akademi Teknologi Nasional (Atenas) yang terdiri dari jurusan Arsitektur, Sipil, Elektro, dan Teknik. Pada saat itu Prof R. Soetodjo, Ir., diangkat sebagai Direktur Atenas.

Pada tahun 1984 Atenas berubah menjadi Itenas (Institut Teknologi Nasional) dan pada saat itu, R. Mansoer Wiratmadja, Ir., diangkat sebagai Rektor Itenas (SK Pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi No. 01/Kep/DS/1984 tanggal 3 Januari 1984).

Hingga saat ini Itenas terus berkembang menjadi perguruan tinggi yang unggul di tataran nasional dan internasional.

Pada Tahun 2019 Itenas masuk ke dalam 100 perguruan tinggi terbaik nonvokasi terbaik nasional dengan menduduki peringkat ke-70 berdasarkan klasterisasi kinerja perguruan tinggi oleh Kemenristekdikti.

Lambang Itenas terdiri atas logogram dan logotype sebagaimana diperlihatkan pada Gambar 1.1 dan Gambar 1.2 berikut ini.

Adapun penjelasan atas logogram dan logotype lambang Itenas adalah sebagai berikut.

Logogramsebuah simbol atau karakter yang mewakili sebuah kata atau makna, atau disebut juga dengan Logomarkmerupakan sebuah gambar/imaji atau simbol yang merepresentasikan sebuah brand, dan tidak termasuk tulisan nama brand. Itenas memiliki simbol yang dipinjam dari gabungan tiga buah bentuk geometri, yaitu bujursangkar, lingkaran, dan segitiga dengan penjelasan sebagai berikut:

Bujursangkar berwarna hitam yang merupakan lambang keserbabisaan dan mencerminkan potensi yang berkembang, mampu menyelesaikan masalah, terampil berkomunikasi, dan bekerja sama, serta mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan yang datang dengan cepat;

Lingkaran berwarna putih di dalam bujursangkar yang merupakan lambang kesinambungan yang tidak terputus dalam menuntut ilmu demi peningkatan kemampuan ilmiah dan profesionalisme untuk kesejahteraan masyarakat; dan

Segitiga samasisi berwarna hitam di dalam lingkaran yang merupakan lambang kekokohan, mencerminkan kepribadian yang kuat, nilai moral, dan etika yang tinggi, baik budi bahasanya, serta memiliki jiwa perjuangan dan kemandirian.

Logotype atau Word Markadalah penulisan nama brand yang diberi penggayaan tertentu sehingga berfungsi sebagai sebuah logo – merupakan akronim dari Institut Teknologi Nasional yaitu Itenas, yang ditulis dengan jenis huruf (typeface) Gill Sans MT. Gill Sans MT merupakan jenis huruf standar yang ada pada setiap piranti lunak pengolah dokumen/gambar. Word mark Itenas ditulis dengan panduan jarak antarhuruf sebagai berikut :

  1. Tulisan akronim Itenas menggunakan warna hitam 95%.
  2. Titik berwarna jingga di atas huruf (i) diperbesar dari ukuran titik asli typeface sebesar 50%

  1. Panduan warna jingga yang dapat digunakan sebagai warna titik di atas huruf (i) adalah sebagai berikut:

Konfigurasi dan Proporsi Lambang Itenas

Konfigurasi Horizontal
Logotype + Logogram + Nama Panjang Institut. Untuk kebutuhan ruang penempatan Lambang yang melebar, atau untuk dilengkapi dengan nama Yayasan dan nama Fakultas di bagian atas dan bawah lambang.

Konfigurasi Vertikal
Logotype + Logogram + Nama Panjang Institut. Dirancang untuk kebutuhan ruang yang tidak terlalu lebar (misal : bidnag membulat, atau untuk keperluan sponsor)

Untuk mendownload logo Itenas klik disini 
Contoh penggunaan lambang dengan warna latar yang berbeda

VISI

Itenas menjadi perguruan tinggi terkemuka di bidang teknologi, sains, dan seni, yang berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan di lingkup nasional dan global, berlandaskan nilai-nilai integritas, kualitas, dan inovasi yang tinggi.

MISI

  1. 1. Membangun karakter bangsa melalui penyelenggaraan kegiatan tridarma perguruan tinggi yang berkualitas.
  2. 2. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam kecerdasan intelektual serta memiliki integritas dan moral yang tinggi.
  3. 3. Menghasilkan karya ilmiah dan karya inovatif yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat
  4. 4. Mengembangkan infrastruktur dan sistem manajemen  yang berbasis sains dan teknologi untuk menumbuhkan suasana akademik yang kondusif
1.Mengembangkan potensi sivitas akademika agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab
2.

Membentuk manusia yang berkualitas secara intelektual, spiritual, dan emosional, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, berlandaskan pada semangat kebangsaan, sistem nilai, moral, dan watak serta peradaban yang mendukung peningkatan daya saing bangsa.

3.Menyiapkan mahasiswa menjadi warga negara beriman dan berakhlak, memiliki kemampuan akademik dan intelektual dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, yang memiliki jiwa kewirausahaan dan mampu mengembangkan potensi dirinya menjadi insan produktif bagi kehidupan pribadi, masyarakat, bangsa, dan umat manusia.
4.Mengembangkan, menyebarluaskan, dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa, serta memperkaya budaya.
5.Mendorong terjadinya perubahan dan pembaharuan masyarakat yang lebih baik sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.