Menggali Potensi Membina Prestasi
Shadow
Slider

Home »  berita »  Seminar Initiation of International Collaboration

Seminar Initiation of International Collaboration

On November 12, 2018, Posted by , In berita, By ,,, , With Comments Off on Seminar Initiation of International Collaboration

Kantor Urusan Internasional (KUI) Itenas mengadakan Seminar sehari dengan tema Initiation of International Collaboration: Policies and Implementations, pada hari Senin, 12 November 2018. Tiga pembicara telah hadir, yaitu Kepala SubDirektorat Kerjasama Perguruan Tinggi, Direktorat Pembinaan Kelembagaan, RistekDikti Bpk. R. Purwanto Subroto, Perwakilan SEAMO dari Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta Bpk. Herman Felani, M.A., dan Perwakilan Erasmus+ (European Union) dari Politeknik Manufaktur, Bandung Ibu Fatonah, M.Pd. Peserta yang hadir dalam seminar adalah para perwakilan Kantor Urusan Internasional di area Bandung dan Sekitarnya. Beberapa perguruan tinggi yang berpartisipasi tersebut, diantaranya Politeknik Manufaktur Bandung (Polman), Politeknik Negeri Bandung (Polban), Universitas Galuh (Ungal) Ciamis, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Universitas Kristen Maranatha, Universitas Telkom (TelU), Universitas Widyatama, dan Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut.

Seminar yang diadakan kali ini membahas berbagai kegiatan terkait kerjasama internasional, dari mulai internasionalisasi mahasiswa seperti student mobility, kredit transfer, dan summer course melalui berbagai beasiswa yang ditawarkan dari Erasmus+ untuk wilayah Eropa, dan SEAMEO di Asia Tenggara. Selain itu, berbagai informasi tawaran penguatan KUI, yaitu training staff dan pembiayaan program kerja KUI. Informasi lainnya adalah dimasukkannya poin kerjasama internasional menjadi salah satu poin dalam pemeringkatan perguruan tinggi oleh Ristekdikti. Adapun data-data terkait kerjasama internasional sudah dilaporkan secara online melalui web khusus yang dikelola oleh RistekDikti. Proses ini memudahkan update data dalam pemeringkatan tersebut. Hal ini menunjukkan sistem siber-fisik (Cyber Physical Systems) komunikasi sudah masuk di dalam kerjasama Internasional, sistem yang menjadi penduduk bagi Industri 4.0 (DNH-KUI)

X