Menggali Potensi Membina Prestasi
Shadow
Slider

Home »  berita »  Electric Sportscar V8 Vadi Itenas menjadi Purwarupa Kendaraan Patroli di HUT Marinir.

Electric Sportscar V8 Vadi Itenas menjadi Purwarupa Kendaraan Patroli di HUT Marinir.

On November 26, 2018, Posted by , In berita, By , , With Comments Off on Electric Sportscar V8 Vadi Itenas menjadi Purwarupa Kendaraan Patroli di HUT Marinir.

Sebuah jalan menuju industrialisasi mobil listrik karya kampus swasta Itenas Bandung.
Setelah selesai dihadirkan kepada publik di acara Indo Defence 2018 kemarin, electric sportscar berwarna red apple candy V8 Vadi Itenas dibungkus dalam semalam, menjadi putih-biru, untuk disulap sekejap menjadi sebuah mobil patroli Marinir. Pada mulanya, rencana proyek pengembangan mobil listrik setelah V8 Vadi memang diminta untuk membuat ide konsep kendaraan taktis, suatu hal yang masih dalam rangka kerjasama bersama V8 Soundsystem. Akan tetapi, pertemuan dengan berbagai pihak di Indo Defence 2018 telah memunculkan ide-ide baru, salah satunya adalah munculnya pertanyaan‘bagaimana bila mobil sport yang mirip supercar ini dimanfaatkan untuk difabrikasi menjadi mobil patroli?’. Pertanyaan ini juga menjadi sebuah pancingan untuk kesempatan akan kontribusi karya yang tidak hanya berhenti di tahap purwarupa saja.

Tampilan kendaraan patroli ini adalah tampilan V8 Vadi sementara untuk mengikuti defile HUT Marinir ke-73 di Surabaya pada tanggal 15 November 2018. Mobil listik V8 Vadi dibawa dengan towing car untuk langsung diantarakan ke Bumi Marinir Karang Pilang Surabaya. Setibanya disana, mobil V8 Vadi ‘didandani’ dengan stiker Polisi Militer serta fitur tambahan seperti sirine dan strobelight. Acara ini juga tepat bersamaan di hari ulangtahun peluncuran Mobil Listrik Itenas Evhero Crossoverpada tahun lalu.Kemudian, mengapa muncul ketertarikan dan kebutuhan akan mobil patroli electric sportscar?Patrol car without petrol’ mulai dibutuhkan, karena kebutuhan bahan bakar untuk aparat negara cenderung semakin dibatasi. Di hari upacara Hari Ulang Tahun Marinir ke-73Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyatakan bahwa “Angkatan Laut saat ini sedang menjajaki penggunaan Mobil Listrik untuk kendaraan patroli dan kendaraan tempurnya, mengingat saat ini masyarakat masih menggunakan energi fosil, sudah saatnya kita mulai menggunakan energi terbarukan, saya kira mobil listrik ini inovasi yang positif untuk digunakan oleh prajurit TNI.”Maka itulah, di hari ini V8 Vadi menjelma sementara menjadi purwarupa kendaraan patroli yang nantinya bisa diproduksi massal walau masih terbatas jumlah dan kalangan yang menggunakannya.

V8 Vadi masihlah menjadi purwarupa mobil listrik sportscar dengan warna merah red candy apple. Namun sejatinya langkah dan usaha menuju industrialisasi massal seperti ini semoga menjadi inspirasi bagi pengusaha dan investor lain untuk mendukung riset di perguruan tinggi di Indonesia. Setidaknya, pola kerjasama ini dapat dimulai dari hasil kerja samaperancangan dan pembuatan mobil listrik V8 Vadi yang disponsori oleh V8 Sound dan dikembangkan oleh Evhero Design Lab Itenas.(DM/WI)

 

 

X