Menggugah Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Itenas dalam Kuliah Tamu Bersama Ahli dan Alumni
Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung telah menyelenggarakan Kuliah Tamu dalam mata kuliah Kewirausahaan pada Selasa (28/2/2023) di Gedung Serba Guna (GSG) Bale Dayang Sumbi. Acara ini juga turut dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Tarsisius Kristiyadi, S.T., M.T., Ph.D. dan mendatangkan tiga narasumber dari bidang keahlian yang beragam di kewirausahaan.
Pemaparan materi pertama dari Andri Hermawan A. Mi., M.T., Ph.D. (Cand.) dengan topik “Peran Generasi Muda dalam Mengembangkan dan Memajukan Pariwisata Daerah” yang berfokus mengajak para anak muda untuk memanfaatkan potensi pariwisata untuk diolah menjadi salah satu sumber pendapatan yang meningkatkan devisa negara. Dalam pandangan beliau, Indonesia memiliki potensi alam yang spesifik dan sangat beragam menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik juga asing, sehingga bisa menjadi solusi untuk menekan angka pengangguran dengan mengadakan pelatihan kepada anak muda untuk membangun rantai pasok pariwisata yang mengelola pariwisata mulai dari hulu sampai ke hilir sehingga menjadi pariwisata yang berkelanjutan (sustainable tourism).
Beliau juga berpendapat bahwa pelibatan generasi muda dilakukan dengan membangun mindset wirausaha melalui beberapa cara. Generasi muda tersebut diajak untuk melakukan eksplorasi potensi alam untuk destinasi pariwisata, kemudian mengajak para jurnalis untuk mempromosikan dengan berbagai media, dan bekerjasama dengan travel mengolah potensi alam dengan memberikan nilai tambah (added value) yang nantinya dapat menjadi destinasi wisata yang menarik yang memiliki kekhasan. Dalam sesi tanya jawab, beliau juga merekomendasikan untuk melakukan branding potensi wisata tersebut dengan mengangkat sesuatu yang khas di daerah tersebut dan meminimalisasi terjadinya hal yang tidak diinginkan dengan dilakukan pengolahan wisata melalui upaya feasibility study sebelumnya.
Selanjutnya, pemaparan materi kedua dari Reza Fiqhi Lazuardi yang merupakan alumnus Teknik Industri Itenas 2008 dengan topik “Marketing di Era Digital”. Berdasarkan pengalamannya berbisnis di bidang ritel fashion muslim yang memiliki pasar yang sangat besar, strategi digital marketing dinilai ampuh untuk memasarkan produknya ke berbagai wilayah bahkan sampai mancanegara. Strategi tersebut diterapkan mengingat fashion muslim Indonesia yang menduduki posisi nomor 5 di dunia dengan nilai konsumsi sebesar $20 Miliar per tahun dengan pertumbuhan 18,2% pertahun menjadi suatu potensi pasar yang sangat menjanjikan, ditambah dengan tren belanja online yang terus meningkat mencapai 30 juta pada tahun 2021. Dalam menjalankan strategi digital marketing, Reza memanfaatkan media sosial seperti TikTok dan Instagram dan melalkukan brand awareness, viral marketing, dan live streaming.
Reza mengawali karir kewirausahannya dengan menjadi reseller keripik Maicih dan mendirikan usaha cuci mobil yang sayangnya tidak bertahan lama. Beberapa kerugian dan kegagalan tidak menyurutkannya untuk terus mengembangkan usahanya, terbukti dengan dirinya yang menjadi procurement supervisor dan kemudian CEO di PT Kreasi permata Sinergi yang bergerak di bidang manufaktur tekstil. Reza juga menjadi founder PT Jannatul Berkah Abadi yang berfokus pada bisnis fashion muslim melalui brand Janna. Dalam berbisnis, Reza melakukan riset produk dan pasar sebelum memulai dengan hal sederhana yang bisa dilakukan.
Pemaparan materi ketiga mengenai kreativitas dan kolaborasi bersama Zaky Dendisa Pratama yang akrab disapa Jack melalui platform virtual Zoom. Alumnus Desain Komunikasi Visual Itenas ini mengembangkan bisnis desain kreatifnya dengan mendirikan brand TRIVI dan kemudian membuat motion graphic untuk maskapai Garuda Indonesia. Jack juga pernah menjadi 10 kandidat terbaik dalam Cocofest 2018. Kolaborasi dengan berbagai ahli di bidang berbeda adalah keniscayaan dalam pengembangan bisnisnya, yang Jack realisasikan dalam bentuk bekerjasama merancang properti baik rumah tinggal, interior desain café, dan lainnya yang berkolaborasi dengan para arsitek.
Selain itu, Jack juga merancang logo, packaging, dan brand identity dari beragam merek. LookAll CUP, LookAll TALK, LookAll Market, Doyan Makan, OUTTA Company dan TRB Bandung merupakan contoh beberapa merek yang berkolaborasi untuk itu. Jack memiliki berprinsip bahwa “Creativity does not only come from your brain, but your own heart too. I still dream until the end of the day and I believe every hard work will be paid off.”
Diharapkan melalui kuliah tamu ini dapat menggugah jiwa kewirausahaan mahasiswa dan memulai berwirausaha dalam bidang yang dikuasai.