Alumnus DKV Itenas Memenangkan Kompetisi Desain Logo Cimahi City Branding 2024
Samsul Bahrin, alumni Desain Komunikasi Visual (DKV) Itenas angkatan 2012, berhasil menjadi juara pertama sayembara logo City Branding Kota Cimahi tahun 2024. Acara pengumuman dan penyerahan hadiah digelar Minggu malam (28/4/2024) bertempat di Alun-Alun Kota Cimahi. Samsul yang berasal dari Bogor tersebut mendapat hadiah uang tunai sebesar 20 juta rupiah.
Dalam desain yang dipilih oleh Pj. Walikota Cimahi Dr. Ir. Dicky Saromi, M.Sc. sebagai juara pertama tersebut, Samsul Bahrin mengolah kata Cimahi dengan M yang menyerupai bibir tersenyum sebagai cerminan dari kota dan warga Kota Cimahi yang ramah dan someah. Bentuk huruf lainnya mencerminkan identitas, sejarah, budaya, dan gaya hidup Kota Cimahi. Dalam membuat desain logo ini, Samsul terlebih dahulu mengumpulkan data segala hal mengenai Kota Cimahi yang kemudian diolah ke dalam bentuk logo dengan ciri terkuat berupa M tersenyum.
Cimahi terkenal sebagai kota tentara, mengingat di sana terdapat berbagai pusat pendidikan militer yang sebagian merupakan warisan Belanda dan masih dipakai oleh TNI AD. Di balik identitasnya sebagai kota militer, Kota Cimahi tetaplah sebuah kota yang ramah dengan segala dinamika kota kecil yang berbatasan langsung dengan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Kota Cimahi hanya terdiri dari tiga kecamatan: Cimahi Utara, Cimahi Tengah dan Cimahi Selatan.
Faktor kota kecil inilah yang dijadikan sebagai tagline Cimahi Campernik. Campernik adalah kata dalam bahasa Sunda yang artinya kecil tapi indah atau cantik yang merepresentasikan aspek keunggulan Kota Cimahi yaitu keberagaman, keanekaragaman budaya, dan keunggulan sumber daya manusia yang mendukung masyarakat berkolaborasi secara aktif dan kreatif dengan dukungan teknologi digital menjadikan Cimahi menuju kota yang maju, unggul dan berkelanjutan.
Peserta yang mendaftar sayembara berjumlah sekitar 240 orang, tetapi yang mengirimkan desain logo kepada pihak panitia sejumlah 140 orang yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Panitia membentuk dewan juri yang terdiri dari dua orang akademisi dan satu orang praktisi untuk menentukan 10 logo terbaik. Kesepuluh besar desain terbaik tersebut kemudian diserahkan kepada Pj. Walikota Cimahi untuk dimintai masukan dan terpilihlah 3 besar untuk menjadi juara 1, 2, dan 3.
Logo city branding yang didesain juara pertama ini nantinya akan dipakai pemerintah kota Cimahi sebagai logo resmi untuk berbagai keperluan seperti kampanye pariwisata Kota Cimahi, memperkuat positioning Kota Cimahi sebagai Kota Animasi, Kota Tentara dan lain sebagainya. Penulis: Emje.