previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  berita »  Desain Komunikasi Visual Itenas di KMDGI XIII Padang

Desain Komunikasi Visual Itenas di KMDGI XIII Padang

On October 26, 2019, Posted by , In berita, By ,, , With Comments Off on Desain Komunikasi Visual Itenas di KMDGI XIII Padang

KMDGI adalah Forum untuk berkumpul, bertukar pikiran, berdiskusi dan mengapresiasi karya atau konsep kreatif antar mahasiswa Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual se-Indonesia. KMDGI (Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia) yang ke-13 kali ini kembali digelar. Pada tahun ini KMDGI digelar di Pulau Sumatera tepatnya di Universitas Negeri Padang. Acara yang berlangsung 3-5 Oktober 2019 di Auditorium Universitas Negeri Padang ini mengangkat tema ‘OH IYA’, yaitu sebuah pemecahan masalah yang solutif seputar kebenaran informasi yang hadir dalam masyarakat.

Institut Teknologi Nasional Bandung hadir menjadi salah satu dari 56 Kampus Delegasi yang berasal dari seluruh Indonesia. DKV Itenas berpartisipasi sebagai salah satu dari 46 Delegasi yang mengirimkan karyanya seputar pemecahan masalah akan kebenaran informasi. Selain 46 karya tematik berupa instalasi, terdapat juga karya simbiotik dan simbolik. Dalam rangka membuat sebuah pemecahan masalah tersebut Ikatan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Itenas atau yang biasa disingkat IMADjI DKV melakukan Perancangan sebuah kampanye bernama InfoNih. InfoNih adalah sebuah kampanye mengenai edukasi cara baik mencerna informasi. Kampanye tersebut menggunakan analogi memasak mie instan yang baik yang benar sebagai perumpamaan “memasak” informasi dengan baik dan benar. Penyampaian kampanye pun dibuat riang dengan rasa humor, sebab kampanye ini ditujukan untuk para remaja akhir (late adolescence).

KMDGI ke-13 ini digelar dengan cukup meriah, mulai dari Opening Ceremony yang menampilkan tarian-tarian khas Sumatera Barat dan Kota Padang. Kemudian dilanjutkan dengan talkshow atau workshop yang diadakan setiap hari selama KMDGI berlangsung. Tema yang dibahas dalam Talkshow dan workshop  adalah seputar perkembangan dunia desain grafis, seperti yang disampaikan  Ihsan M. Farhan dari POT Branding House yang membahas Graphic Designer Survival Existence in AI (Artificial Intelligence) dan Kresna Dwitomo dari Projek AGNI yang membahas Desain Identitas Nasional. Tak ketinggalan setiap delegasi juga dipersilahkan untuk menyuguhkan penampilan seni, mulai dari Accoustic Performance sampai Art Performance.

Pada akhir gelaran KMDGI ini diadakan forum yang diwakilkan oleh 2 orang dari setiap delegasinya. Salah satu agendanya adalah membahas dan mendiskusikan tuan rumah KMDGI selanjutnya. Kemudian disepakati bahwa Indonesia Bagian Timur akan menjadi tujuan KMDGI ke-14 yang akan datang. Dari beberapa kampus delegasi di bagian Indonesia Timur, yang terpilih dan bersedia menjadi tuan rumah selanjutnya adalah Universitas Ma Chung dari Kota Malang. Penyerahan simbolis dari tuan rumah Universitas Negeri Padang ke Universitas Ma Chung Malang menjadi penutup forum tersebut. Tak ketinggalan, pada hari terakhir terdapat rangkaian mini gigs yang menampilkan beberapa band lokal Kota Padang, seluruh delegasi dan pengunjung berkumpul dan bergembira bersama di acara tersebut. Kemeriahan tersebut menutup gelaran KMDGI ke-13 ini. [Artikel & Foto: Farhan Muhamad Nugraha-DKV]

X