previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  berita »  Kontes Robot Indonesia 2019 Tingkat Regional 2

Kontes Robot Indonesia 2019 Tingkat Regional 2

On May 6, 2019, Posted by , In berita, By , , With Comments Off on Kontes Robot Indonesia 2019 Tingkat Regional 2

Pada tanggal 2-4 Mei 2019, diselenggarakan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Tingkat Regional 2 di Institut Teknologi Nasional, Bandung. Kontes ini diadakan di Gedung Serba Guna Bale Dayang Sumbi, Kampus Itenas Jl. PKH. Mustopa No. 23. Kontes yang diadakan setiap tahun ini merupakan kegiatan tahunan dari Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerja sama dengan Perguruan Tinggi yang ditunjuk sebagai penyelenggara kontes. Pada tahun ini, Itenas terpilih sebagai kampus penyelenggara KRI Tingkat Regional 2 (area Jawa bagian barat dan Kalimantan bagian barat).

Divisi kontes yang diselenggarakan dalam KRI 2019 Regional 2 di Itenas ada 4 yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) tipe Beroda dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Terdapat 31 Perguruan Tinggi yang terdiri dari 63 Tim akan bersaing untuk menjadi Pemenang dalam kontes tingkat regional 2 dan akan diundang untuk ikut serta pada Kontes Robot Indonesia KRI 2019 Tingkat Nasional pada tanggal 19-23 Juni 2019.

Pada divisi KRAI, Tim Roobics dari Universitas Telkom berhasil menjadi Juara Pertama dan Desain Terbaik pilihan para juri, Juara Kedua didapatkan oleh Tim Robucom dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka, sedangkan Juara Ketiga diperoleh Tim EL Forza 19 dari Universitas Negeri Jakarta. Selain itu terdapat Juara Harapan dan Strategi Terbaik yang diperoleh Tim Kanayakan 21 dari Universitas Manufaktur Bandung dan Blue Deep dari Universitas Budi Luhur. Divisi KRPAI, hanya dua tim yang mampu memadamkan api yaitu Tim Elektro Squad dari Universitas Budi Luhur yang menjadi Juara Pertama dan Strategi Terbaik, sedangkan Tim Kiro-Afna yang mendapatkan Juara Kedua dan Desain Terbaik pilihan para juri.

Tim Dagozilla dari Institut Teknologi Bandung menjadi Juara Pertama dengan Strategi Terbaik pada divisi KRSBI Beroda. Juara Kedua diperoleh Tim Rostu dari Universitas Telkom yang juga mendapatkan penghargaan Inovasi Terbaik, sedangkan Juara Ketiga diperoleh Tim Elektro Squad dari Universitas Budi Luhur dan Tim Cakra Madika dari Universitas Negeri Jakarta menjadi Juara Harapan. Pada Divisi KRSTI, Tim Dago Concordia dari Institut Teknologi Bandung menjadi Juara Pertama dan Tim Ya Salam 19 dari Politeknik Negeri Jakarta yang mendapatkan Penghargaan Artistik Terbaik.

Menurut Rektor Itenas Bandung, Dr. Imam Aschuri, Ir., M.T., “Penyelenggaraan KRI ini juga merupakan wujud nyata dari moto Itenas, yaitu Menggali Potensi Membina Prestasi.”  Sehingga Itenas mendapatkan Piagam Penghargaan sebagai Penyelenggara Terbaik Kontes Robot Indonesia 2019 tingkat Regional dari Direktur Kemahasiswaan, Dr, Didin Wahidin, M.Pd. Selamat kepada para pemenang yang berhasil mendapat undangan untuk ikut serta pada KRI 2019 Tingkat Nasional mendatang.

(Itenas News Office Team)

X