previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Home »  berita »  Pemanfaatan Ilmu Teknik Kimia Dalam Industri Keramik Dan Dunia Entrepreneur

Pemanfaatan Ilmu Teknik Kimia Dalam Industri Keramik Dan Dunia Entrepreneur

On September 23, 2019, Posted by , In berita, By ,,,, , With Comments Off on Pemanfaatan Ilmu Teknik Kimia Dalam Industri Keramik Dan Dunia Entrepreneur

Jurusan Teknik Kimia mengadakan Kuliah Tamu dengan tema “Pemanfaatan Ilmu Teknik Kimia Dalam Industri Keramik Dan Dunia Entrepreneur”. Kuliah tamu yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 21 September 2019 dan mengundang seorang Social Enterpreneur Bapak Yohan Wijaya Noerahmat dan Supervisor Material Ceramic Industry Bapak Agi Eka Putra. Bapak Yohan Wijaya Noerahmat adalah seorang sarjana Teknik Kimia Itenas Bandung yang memiliki ketertarikan kuat terhadap salah satu komoditi unggulan Indonesia, yaitu kelapa. Dengan keyakinan kuat, keteguhan, integritas dan team work yang solid dengan warga desa, Bapak Yohan mampu mengembangkan industri kelapa hingga menghasilkan produk turunan kelapa seperti desiccated coconut, coconut chip, minyak kelapa, sabun mandi, arang tempurung, cocofiber, baby fiber dan cocopeat. Seiring berjalannya waktu, Bapak Yohan dan para pemuda desa mendirikan Koperasi Mitra Kelapa di Pangandaran yang menjadi wadah bagi petani untuk mendirikan industri kecil maupun menengah. Sekarang, Bapak Yohan yang telah menjabat sebagai Komisaris di PT. Holihera Bara Selatan tidak bosan memberikan ilmu dan sharing pengalaman kepada mahasiswa Teknik Kimia Itenas dan beberapa universitas negeri maupun swasta lainnya.

Materi lainnya adalah dari industri keramik, dipaparkan oleh Bapak Agi Eka Putra, alumni Teknik Kimia Itenas Bandung yang telah mendalami ilmu keramik di beberapa industri keramik ternama seperti PT. Satyaraya Keramindo Indah (Roman Ceramic), PT. PCI (Platinum Ceramic Industri) dan PT. Angsa Daya (IKAD) sebagai Head Of Departement R&D and Digital Printing Machine. Materi yang disampaikan oleh Bapak Agi meliputi bahan baku yang digunakan untuk membuat keramik, test material hingga packaging produk yang akan dipasarkan ke para konsumen.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti jalannya Kuliah Tamu dan aktif dalam mengikuti kuliah hingga akhir. (Vibianti/TK)

X