Program Studi Desain Produk Industri

Program Studi Desain Produk Industri adalah bidang yg sangat menyenangkan karena akan selalu bertemu dan bekerja bersama bidang-bidang lainnya untuk menciptakan banyak hal baru dan dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu, Program Studi Desain Produk Industri Itenas yang berdiri sejak tahun 1993 menitik beratkan perhatian pada penggalian passion para siswanya pada sesuatu hal, dan berangkat dari passion tersebutlah maka selama proses pendidikan ia akan menggali peluang untuk menghasilkan desain-desain produk yang memiliki kelayakan secara industri dan ekonomi.Program Studi Desain Produk Industri Itenas merupakan bidang yang menarik bagi orang kreatif karena memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Bagi orang-orang yang sangat suka untuk menghasilkan kreasi, maka bidang ini menjadi sangat tepat. Desain Produk Industri dikenal dengan sebutan Product Design atau Industrial Desain dalam bahasa internasional. Secara umum, bidang ruang lingkup Desain Produk Industri dimulai dari rancangan benda-benda yang melekat pada tubuh, seperti : perhiasan, jam tangan, kaca mata, hingga sepatu, kemudian benda benda yang ada disekeliling kita, seperti keran air, piring, sendok, kursi, lemari sampai kendaraan (mobil, kereta api, atau pesawat terbang). Seorang desainer produk industri tentunya tidak diharuskan menguasai semuanya, pada dasarnya dia dapat memilih komoditi apa yang akan menjadi konsentrasinya, apakah menjadi seorang desainer sepatu, atau desainer mobil, atau desainer perhiasan.


Visi Prodi Desain Produk Itenas 2016-2020:
“Menjadi program studi terkemuka di bidang desain produk industri yang mengutamakan kualitas keilmuan desain, integritas profesionalisme, kewirausahaan, dan inovasi yang tinggi, yang berperan aktif dalam penguatan daya saing dan pembangunan berkelanjutan di lingkup nasional dan global.”

Misi Program Studi Desain Produk Itenas 2016-2020:

  1. 1. Melaksanakan kegiatan pendidikan di bidang desain produk yang berfokus pada memecahkan permasalahan desain produk masa kini di masyarakat Indonesia, melalui pendekatan metodologi desain yang terintegrasi dengan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  2. 2. Menumbuhkembangkan penelitian di bidang desain produk melalui kajian sosio-kultural dan sosio-ekonomi, berlandaskan nilai-nilai budaya Bangsa Indonesia.
  3. 3. Meningkatkan peran dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sinergis dengan perkembangan ilmu pengetahuan desain produk dan penerapan hasil penelitian untuk kemaslahatan masyarakat Indonesia.
  4. 4. Menumbuhkembangkan potensi kewirausahaan bidang desain produk, untuk pembangunan kesejahteraan yang berkelanjutan
  5. 5. Melaksanakan kerjasama yang saling menguntungkan dalam bidang desain produk dengan masyarakat umum, dunia usaha, asosiasi profesi, pemerintahan dan perguruan tinggi lain.

Berdasarkan kecenderungan dari alumni yang dihasilkan oleh program studi desain produk industri Itenas sejak 1993, maka ditawarkan 5 konsentrasi bidang yaitu :

– Craft yaitu desain-desain produk industri yang terkait dengan produk craft yang secara khusus berawal dari potensi yang dimiliki oleh sebuah material.

– Alas kaki dan fashion, yaitu desain-desain produk industry dari komoditi yang termasuk pada kelompok alas kaki atauproduk yang melekat pada tubuh, seperti tas, dompet, hingga perhiasan.

– Vehicle and styling, yaitu produk-produk yang tergolong pada kelompok kendaraan dan produk-produk yang dihasilkan oleh industri manufaktur.

– Furniture, yaitu produk-produk yang memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas sarana duduk dan penyimpanan.

– Bisnis dan Industri Kreatif, yaitu konsentrasi yang lebih menekankan pada siswa untuk menjadi seorang designpreneur, yaitu wirausaha berbasis desain.

Profil lulusan yang ingin dicetak oleh Program Studi Desain Produk ITENAS adalah:

1. Sebagai Junior Designer di industri manufaktur, yaitu seseorang yang terikat pada struktur organisasi dalam sebuah perusahaan penyedia jasa desain atau produk-produk pakai tertentu, yang bertanggungjawab atas tahap-tahap proses perancangan komoditi yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

2. Sebagai Junior Designer di perusahaan jasa Konsultan Desain, yaitu seseorang yang memiliki dasar keilmuan desain, yang mampu memberikan jasa perancangan secara independen dan profesional kepada klien/ konsumen berdasarkan kesepakatan yang dibangun bersama.

3. Sebagai Wirausahawan muda bidang desain, yaitu seseorang yang memiliki kepekaan dan kemampuan dalam mengelola sebuah organisasi perusahaan yang menjadikan komoditi-komoditi berupa produk yang dikembangkan melalui proses kreatif sebagai objek bisnisnya.


NMK

MATA KULIAH

NAMA

SKS

 

Semester I

 

DPA 101

Gambar Bentuk I

3

DPA 103

Gambar Konstruktif I

3

DPA 105

Rupa Dasar 2 Dimensi I

3

DPA 107

Rupa Dasar 3 Dimensi I

3

DPA 109

Berpikir Kreatif

3

DPA 111

Bahasa Inggris I

2

DPA 113

Pendidikan Pancasila

2

 

Jumlah

19

 

Semester II

 

DPA 102

Gambar Bentuk II

3

DPA 104

Gambar Konstruktif II

3

DPA 106

Rupa Dasar 2 Dimensi II

3

DPA 108

Rupa Dasar 3 Dimensi II

3

DPA 110

Wawasan Nusantara

2

DPA 112

Kewarganegaraan

2

DPA 114

Ilmu Pengetahuan Populer

2

DPA 116

Bahasa Inggris II

2

 

Jumlah

20

 

Semester III

 

DPA 201

Proyek Desain I

6

DPA 203

Bahasa Indonesia

2

DPA 205

Bahan & Teknologi Produksi I

4

DPA 207

Sejarah Desain

2

DPA 209

Metode Gambar Produksi

4

DPA 211

Metodologi Desain

2

 

Jumlah

20

 

Semester IV

 

DPA 202

Proyek Desain II

6

DPA 204

Teori Estetik

2

DPA 206

Bahan dan Teknologi Produksi II

4

DPA 208

Metode Estetik

2

DPA 210

Ergonomi Desain

2

DPA 212

Teknik Purwarupa Produk

4

 

Jumlah

20

 

Semester V

 

DPA 301

Proyek Desain III

6

DPA 303

Kritik Desain

2

DPA 359

Pilihan 1: Footwear & Fashion Design I

3

DPA 361

Pilihan 1: Fotografi Desain Produk

DPA 305

Teknik Presentasi

3

DPA 307

Sketsa Desain

3

DPA 309

Pemodelan Digital

3

 

Jumlah

20

 

Semester VI

 

DPA 302

Proyek Desain IV

6

DPA 304

Desain dan Sosial Budaya

2

DPA 360

Pilihan 2: Craft Design

3

DPA 362

Pilihan 2: Vehicle & Styling Design

DPA 306

Kewirausahaan I

3

DPA 308

Desain & Lingkungan Hidup

2

DPA 310

Perilaku Konsumen

2

 

Jumlah

18

 

Semester VII

 

DPA 401

Proyek Desain  V

4

DPA 490

Kerja Profesi

4

DPA 403

Kolokium Proyek Akhir

3

DPA 480

Desain untuk Masyarakat

3

 

Jumlah

14

 

Semester VIII

 

DPA 500

Proyek Akhir

6

DPA 452

Desain Furnitur

3

DPA 454

Bisnis dan Industri Kreatif

DPA 404

Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) dan Etika Profesi

2

DPA 306

Agama

2

 

Jumlah

13

 

Total SKS:

144

 

Dr. Andry Masri, M.Sn.

Dr. Andry Masri, M.Sn.

Drs. Amirul Nefo, M.Ds.

Drs. Amirul Nefo, M.Ds.

Agung Pramudya Wijaya, S.Sn., M.Sn.

Agung Pramudya Wijaya, S.Sn., M.Sn.

Dedy Ismail, S.Sn., M.Ds.

Dedy Ismail, S.Sn., M.Ds.

Fred Soritua Rudiyanto, S.Sn., M.Ds.

Fred Soritua Rudiyanto, S.Sn., M.Ds.

Drs. Mohammad Djalu Djatmiko, M.Ds.

Drs. Mohammad Djalu Djatmiko, M.Ds.

X